Potensi Desa Harus Bisa Dikembangkan

25

 

KUALA KURUN – Kabupaten Gunung Mas memiliki luas yang cukup banyak, karena desanya berjumlah saja ada 114 desa dan sebagian desa layak dikembangkan menjadi potensi alam yakni desa wisata. Sehingga perlu diekplorasi dan di kembangkan sebagai salah satu desa wisata yang bisa diandalkan.

Anggota DPRD Gunung Mas Untung J Bangas menilai, dengan dibentuknya desa wisata akan memberikan dampak positif bagi perekonomian desa. Sehingga menjadi sumber pendapatan dari potensi daerah tersebut.

“Beberapa daerah kita memiliki potensi alam yang bisa menjadi desa wisata, seperti Desa Lapan yang ada di Kecamatan Kahut, disana memiliki air terjun yang cukup bagus dikembangkan,” ucap Untung J Bangas, Rabu (24/1/2024).

Dijelaskan Untung, pengembangan desa wisata diyakini akan memberi dampak positif bagi perkembangam desa. Seperti air terjun di Desa Lapan, batu suli di Desa Upon Batu, betang Toyoi di Dsa Malahoi dan masih banyak lagi. Hal itu, ternyata merupakan potensi alam yang bisa dikembangkan sebagai destinasi ekowisata dan Sejarah.

“Dengan adanya sumber untuk wisata itu, kenapa tidak dikembangkan lagi. Apalagi sekarang ini masyarakat sering mencari tempat yang bisa untuk berlibur, oleh karena itu perlu ada cara untuk mengembangkan desa wisata,” terang dia.

Menurut Untung menambahkan, potensi semacam tersebut harus menjadi potensi desa yang perlu dikembangkan. Dengan mengeksplorasi potensi desa wisata semacam ini, maka akan memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat di desa.

“Masyarakat luar harus mengetahui sehingga menjadi destinasi wisata yang luar biasa. Seperti air terjun, batu suli, betang dan lainnya ini bila dikelola benar, akan bisa dijadikan destinasi wisata spiritual maupun budaya yang digemari wisatawan, baik lokal maupun mancanegara,” tandas dia. (AN)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.