Tekan Angka Stunting, Anggota DPRD Gumas Sarankan Jemput Bola

57

 

KUALA KURUN – Pelayanan jemput bola akan lebih efektif untuk menekan angka stunting. Upaya ini akan terwujudnya pengurangan tingkat penyebaran pada sebuah kasus penyakit kekerdilan di wilayah Kabupaten Gunung Mas (Gumas).

Demikian diungkapkan Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gunung Mas Iceu Purnamasari, Jumat (14/4/2023).

“Saya yakin dengan pelayanan jemput bola ke dapat mendukung terwujudnya prevalensi kasus kekerdilan ini,” tambah Iceu.

Menurut Iceu, petugas puskesmas, posyandu dan tim percepatan penurunan kasus stunting agar lebih sering turun ke lapangan, guna melakukan pemantauan kemungkinan adanya gangguan tumbuh kembang pada anak kekurangan gizi kronis.

Politisi Partai Golkar ini berpendapat, dengan pemantauan secara intensif dan pemberian makanan tambahan atau asupan pangan sehat dan bergizi, balita yang terpantau stunting bisa dikontrol kondisi kesehatannya serta dapat hidup normal kembali seperti anak-anak lainnya.

Selain itu, Iceu mengingatkan bahwa upaya untuk menurunkan kasus stunting tidak hanya dibebankan kepada salah satu instansi terkait saja, namun dapat melibatkan seluruh unsur masyarakat. Terutama di wilayah perdesaan, sehingga penanganan ini bisa berjalan secara maksimal.

Terpisah, Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia LP Umbing yang juga sebagai Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Gumas memastikan kegiatan pemantauan tersebut selama ini sudah berjalan.

“Tim ini siap melakukan percepatan penurunan stunting dan pelayanan pengawasan secara jemput bola demi tumbuh kembang anak ke rumah-rumah penduduk,”tandasnya.(AN/Nop).

Iklan Empas S Umar
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.