Sistem Satu Data Indonesia bisa Dukung Kinerja Pemda Diapresiasi

44

KUALA KURUN,HaloKalteng.com- Dengan dikenalkannya sistem satu data Indonesia yang dilakukan, oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Gunung Mas. Karena itu, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas mengapresiasi adanya sistem satu data agar ada percekcokan antara pusat dan daerah, sehingga menghasilkan data yang akurat.

“Dengan adanya sistem satu data itu, maka tujuannya jelas untuk menghasilkan Data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses,” ucap Wakil DPRD Gunung Mas Binartha, Selasa (14/5/2024).

Selain itu, sambung Binartha, antara instansi dapat dibagi pakaikan baik di Instansi Pusat dan Instansi
Daerah melalui pemenuhan Standar Data, Metadata, Interoperabilitas Data, dan yang menggunakan kode referensi dan sehingga terdata di induk yang sangat diperlukan untuk perencanaan yang lebih terukur dan monitoring.

“Terlebih bisa dievaluasi pembangun dalam mengatur penyelenggaraan tata Kelola data, di setiap instansi yang dihasilkan oleh instansi pusat dan instansi daerah untuk mendukung perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan,” ujarnya.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Gunung Mas Richard F Lundjo menjelaskan, kebijakan Satu Data Indonesia ini, penting untuk dilaksanakan mengingat bahwa semua daerah, bahkan di pusat sekalipun mengalami permasalahan yang sama terkait data tersebut.

“Sehingga data yang belum berkualitas yang belum memenuhi standar sebagai contoh adalah data mengenai kependudukan, yaitu jumlah penduduk, pasti akan berbeda apabila disandingkan antara data dari Dinas dengan BPS,” ungkap dia

Hal ini perlu dicermati, tambahan Richard, bukan sebagai membenarkan satu dibandingkan dengan yang lain, namun bagaimana mampu membedakan data tersebut untuk tujuan dan keperluan apa, karena
perbedaan data tersebut berada pada standarisasi dan fokus yang tidak sama.(Red)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.