Selama Tahun 2022, Berbagai Keberhasilan Telah Diraih Pemkab Katingan

59

KASONGAN – Pada Tahun 2022, berbagai keberhasilan atau prestasi telah diraih Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan. Diantaranya adalah penghargaan atas Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari pihak Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah dan capaian tersebut sudah berturut-turut dalam beberapa tahun terakhir.

Ha tersebut disampaikan Bupati Katingan Sakariyas, SE saat Acara Tutup Tahun 2022 dan Menyambut Tahun 2023 serta Peresmian Pemugaran Monumen Pahlawan Tjilik Riwut, di Bundaran Kantor Bupati Katingan, Sabtu (31/12/2022) malam.

Pemkab Katingan juga meraih penghargaan Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2022, dalam kategori Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pembantu (PPID). “Katingan berhasil menempati peringkat pertama cukup informatif dalam implementasi UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dengan nilai 74,69,” sebut Sakariyas.

Selanjutnya, penghargaan BKN Award  Tahun 2022 dalam capaian implementasi penerapan manajemen kinerja. Dimana Pemkab Katingan telah mengikuti prosedur dan peraturan yang berlaku, berkaitan dengan pengelolaan penempatan pegawai seperti meminta persetujuan KASN maupun BKN. Kemudian, Penghargaan Predikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik sesuai amanat UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

“Pemkab Katingan juga meraih peringkat pertama Rekapitulasi Pelaporan penegakan Perda (RLPP) untuk memberikan layanan publik yang terbaik. Selain itu, pada Tahun 2022 ada empat desa yang mendapat Lencana Desa Mandiri. Tiga diantaranya di Kecamatan Katingan Tengah, yakni Desa Samba Danum, Desa Telok dan Desa Tumbang Lahang. Kemudian satu di Kecamatan Katingan Hilir, yakni Desa Hampalit,” kata Bupati.

Ada pula sertifikat penghargaan dari BKN atas capaian verifikasi pendataan mandiri terbaik dengan nilai 98,33 persen atas pencapaian approval PDM sebesar 100 persen di wilayah Kerja Kalimantan Tengah. Di bidang pengawasan, hasil Monitoring Pencegahan Korupsi dari KPK RI tahun 2021 sebesar 87 persen. Untuk Tahun 2022 masih berjalan dan sejauh ini telah mencapai 72 persen dari target KPK sebesar 80 persen. Kapabilitas APIP Inspektorat Kabupaten Katingan, telah mencapai level III sejak 2021 hingga sekarang.

“Terkait Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah atau SAKIP Kabupaten Katingan dari Kemenpan RI, telah mengalami peningkatan dari sebelumnya dengan predikat cc dan tahun ini menjadi predikat B. Reformasi birokrasi kita juga mengalami peningkatan, dari sebelumnya C dan tahun ini memperoleh predikat CC,” ujar Sakariyas.

Di bidang ketransmigrasian dan ketenagakerjaan, telah dilakukan penyelesaian pendataan barang milik negara dari Kementerian Transmigrasi dan Daerah Tertinggal RI di eks lokasi Transmigrasi Hiyang Bana. Untuk membantu pengurangan pengangguran, Kabupaten Katingan mendapatkan bantuan Program perluasan Kesempatan kerja (PKK) berbasis kawasan dari Kementerian Ketenagakerjaan RI.

“Selain itu, dilakukan pembentukan Balai Latihan Kerja Kabupaten Katingan Tahun 2022, guna membantu peningkatan keterampilan calon tenaga kerja. Saat ini, kita sudah memiliki Rumah Sakit Pratama Tumbang Samba yang peresmiannya bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Katingan ke-20 pada 20 Juli 2022. Masih banyak lagi capaian keberhasilan yang belum dapat kami sebutkan semua secara detail,” imbuhnya. (st)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.