Satpol PP Damkar Sosialisasi Karhutla Hingga Tingkat Kecamatan

112

KATINGAN – Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Katingan, turun hingga tingkat kecamatan guna mensosialisasikan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar, Pimanto, mengatakan sosialisasi tentang Karhutla sedang dilakukan. Pasalnya, berdasarkan informasi Badan Metereologi Klimatologi dan Geologi (BMKG), cuaca ekstrim atau panas diperkirakan hingga akhir Oktober. Sehingga untuk mengantisipasi terjadinya Karhutla, maka sosialisasi penting dilakukan.

“Saat ini kami terus melakukan sosialisasi hingga tingkat kecamatan, dengan harapan, Karhutla dapat dicegah secara dini,” ungkap Pimanto, Kasat Pol PP dan Damkar Kabupaten Katingan, Kamis (22/06/2023).

Bahkan disebutkan Pimanto, sosialisasi yang dilakukan, selain melibatkan aparat kecamatan, desa dan kelurahan. Tentumya juga melibatkan Satuan Perlindungan Masyarakat atau Linmas.

“Kenapa kita libatkan Linmas, karena mereka adalah ujung tombak yang selalu ada di tengah-tengah masyarakat,” katanya.

Diakui Pimanto, dengan luas Kabupaten Katingan yang ada saat ini. Tentu dengan petugas yang ada saat ini tidak mampu melakukan upaya pencegahan ataupun pemadaman apabila terjadi Karhutla, sehingga dibutuhkan kerjasama semua pihak termasuk masyarakat.

“Perlu sinergitas semua pihak termasuk masyarakat untuk mengatasi terjadinya, Karhutla di Kabupaten Katingan,” Tandasnya. (Vry).

Iklan Empas S Umar
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.