Rute Penerbangan Kuala Kurun-Palangka Raya akan Dibuka

79

KUALA KURUN – Maskapai Smart Aviation [PT Smart Cakrawala Aviation] berencana membuka rute penerbangan Kuala Kurun-Palangka Raya.

Hal itu disampaikan Direktur PT Smart Cakrawala Aviation (SCA) Fransiskus pada paparannya pada pertemuan dalam rangka memberikan alternatif moda transportasi rute penerbangan Kuala Kurun-Palangka Raya di ruang kedatangan bandara Kuala Kurun, Jumat (10/03/2023).

“Membuka rute penerbangan Kuala Kurun-Palangka Raya sebuah keniscayaan demi kelancaran, terlebih dengan kondisi ruas jalan provinsi yang melintasi wilayah Gunung Mas saat ini yang membutuhkan alternatif moda transportasi,” kata Frans.

Ia mengaku tiket pesawat Kurun-Palangka yang ditetapkan SCA  harga sementara sebesar Rp 1 juta. Namun itu masih belum final dan akan dihitung kembali serta masih harus mendengarkan saran dan masukan dari bupati, unsur forkopimda dan stake holder lainnya.

“Dalam hal ini [penerbangan Kurun-Palangka], kami [PT SCA] juga tidak terlalu mengejar profit oriented [untung besar]. Kami bisa break even point [tidak untung besar tidak rugi besar], itu sudah bersyukur,” ujarnya.

Menyoal jadwal keberangkatan, menurutnya jika ditetapkan hari Senin dan Jumat juga bagus, namun pihaknya terkendala dengan jadwal penerbangan perintis nasional, sehingga untuk jadwal pihaknya juga masih harus mendengarkan saran dan masukan dari bupati, unsur forkopimda dan stake holder lainnya.

“Kami berterima kasih dengan pertemuan ini, kami mendapatkan banyak saran dan masukan, dan [saran masukan] tetap kami harapkan agar saat rencana membuka rute penerbangan Kurun-Palangka terealisasi, dalam perjalanannya dapat berjalan dengan baik untuk kebaikan kita semua,”tutur Frans.

Dia menambahkan, pesawat yang nantinya melayani penerbangan Kurun-Palangka berjenis Cessna Caravan B208 EX dengan jumlah kapasitas angkut sebanyak 12 orang.

Sementara Bupati Jaya S. Monong menyambut baik rencana membuka rute penerbangan Kurun-Palangka oleh maskapai Smart Aviation sebagai pilihan alternatif moda transportasi Kurun-Palangka yang bisa digunakan oleh semua pihak.

Untuk tiket pesawat, figur yang siap maju di Pilkada Gumas 2024 itu sepakat dengan pengajuan dari PT SCA sebesar Rp 1 juta dengan perusahaan nantinya dalam jangka panjang tetap bisa break even point. Pun saat promosi, suami Mimie Mariatie itu minta harga tiket bisa dibandrol Rp 500 ribu saja.

“Jadwal keberangkatan, diharapkan bisa dilaksanakan Jumat dan Senin. Ketetapan harga tiket dan jadwal keberangkatan akan dibicarakan bersama lebih lanjut. Kalau sudah ditetapkan [harga tiket dan jadwal penerbangan] dapat dilakukan uji coba penerbangan,” katanya.

Jaya meyakini bila rencana membuka rute penerbangan Kurun-Palangka terealisasi, sangat membantu masyarakat yang selama ini dikeluhkan dengan konsisi jalan Kurun-Palangka, dan juga mendukung program pembangunan smart agro, smart human resouces dan smart tourism.

Turut hadir, unsur forkopimda atau mewakili, Plh Sekda Richard, mewakili kepala kantor UPBU Kuala Kurun, beberapa kepala perangkat daerah dan pejabat eselon tiga, perwakilan perusahaan besar swasta pertambangan, kehutanan dan perkebunan dan undangan lainnya. (vri)

Iklan Ramadan Halokalteng
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.