Nomi Dukung Keinginan Warga Pemkab Bangun Drainase di Jalan Sudirman

38

 

KUALA KURUN – Ketua Komisi II DPRD Gunung Mas (Gumas) Nomi Aprilia mengapresiasi permintaan warga jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, Kecamatan Kurun, agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gumas melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) membuat drainase atau saluran air di kiri kanan jalan tersebut.

“Kami mendukung keinginan warga jalan Jenderal Sudirman, mengingat arus lalu lintas di jalan tersebut cukup padat,” kata Nomi, Rabu (10/5/2023).

“Drainase akan meminimalisir genangan air di kiri kanan jalan bahkan badan jalan apabila curah hujan tinggi dan berlansung lama,”ujarnya melanjutkan.

Wakil rakyat daerah pemilihan satu wilayah Kecamatan Kurun, Mihing Raya dan Sepang itu berharap dinas terkait segera turun lapangan, mengecek keadaan yang ada, dan selanjutnya ditindaklanjuti sehingga di kiri kanan jalan Jenderal Sudirman memiliki drainase.

Legislator dua periode asal partai PDI Perjuangan itu pun mengimbau warga jalan Jenderal Sudirman bahkan warga Gumas umumnya untuk tidak mendirikan bangunan di atas drainase.

Warga jalan Jenderal Sudirman bahkan warga Gumas umumnya yang telah mendirikan bangunan di atas drainase, Nomi minta dengan penuh kesadaran dapat membongkarnya agar fungsi drainase bisa maksimal.

Diwartakan sebelumnya, salah seorang warga jalan Jenderal Sudirman yang berbicara dengan syarat anonim meminta Pemkab Gumas melalui dinas terkait membuat drainase atau saluran air di kiri kanan jalan Jenderal Sudirman.

“Mewakili warga jalan Jenderal Sudirman, kami sangat berharap Pemkab Gunung Mas melalui dinas terkait bisa membangun drainase di kiri kanan jalan. Hal itu sangat penting untuk meminimalisir genangan air di kiri kanan jalan bahkan badan jalan apabila curah hujan lebat dan berlansung lama,” katanya.

Ia menyatakan, dengan dibangunnya drainase di kiri kanan jalan Jenderal Sudirman, akan mengurangi genangan air bahkan banjir, mengurangi resiko terjadinya penyakit akibat kurang sehatnya lingkungan, serta memperpanjang umur ekonomis sarana prasarana fisik seperti jalan dan kawasan pemukiman.

“Drainase di kiri kanan jalan Jenderal Sudirman, selain mencegah genangan air bahkan banjir, juga mencegah erosi tanah dan pengendalian permukaan air tanah, serta mencegah kerusakan badan jalan dan bangunan yang ada,” terangnya.

Ia juga berharap pemkab melalui dinas terkait memberikan imbauan ke warga jalan Jenderal Sudirman dan Gumas umumnya, agar tidak mendirikan bangunan di atas drainase.

Kesadaran dari warga untuk tidak mendirikan bangunan di atas drainase sangat penting demi kebaikan bersama. Warga yang telah mendirikan bangunan di atas drainase diminta kesadarannya untuk membongkarnya, sehingga fungsi drainase bisa maksimal. (AN/Nop).

IKLAN GIP RAMADAN PEMKAB KATINGAN
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.