Karhutlah Ancam Penyakit Ispa

65

KASONGAN – Cuaca panas ekstrem  menyebabkan terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah) berdampak pada pencemaran udara dan rentan menimbulkan penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (Ispa), sehingga Bupati Katingan ajak masyarakat gunakan Masker.

Dijelaskan Sakariyas, kondisi udara di Kabupaten Katingan saat ini sedang mengalami penurunan diakibatkan adanya Karhutlah, sehingga udara tercemar dengan asap dan hal tersebut berdampak pada terjadinya penyakit Ispa, sehingga masyarakat dianjurkan menggunakan masker saat beraktivitas dikuar rumah.

“Kalau kita lihat saat ini musim kemarau sudah terjadi, bahkan beberapa kali terjadi Karhutlah, sehingga masyarakat perlu mewaspadai terhadap penyakit Ispa, makanya penggunaan masker, terutama diluar rumah penting,” Ungkap Bupati Sakariyas. Jumat (1/09/2023).

Disebutkan Sakariyas, penggunaan masker saat ini bukan karena adanya virus corona, tetapi mencegah terjadi penyakit Ispa, akibat adanya Karhutlah.

Diakui Sakariyas, untuk Kabupaten Katingan, upaya dalam melakukan pencegahan dan pemadaman Karhutlah terus dilakukan dengan mengerakkan seluruh armada baik di Satpol PP, BPBD, termasuk kerjasama dengan Polres, Kodim sampai tingkat kecamatan.

“Berdasarkan data, jumlah hospot titik api terjadi penambahan, namun upaya pemadaman terus dilakukan,” Ujarnya.

Sakariyas berharap, selain upaya pemerintah dan kemitraan yang ada, masyarakat diharapkan dapat bekerjasama dalam upaya pencegahan termasuk melakukan pemadaman apabila terjadi Kebakaran sehingga tidak meluas yang akhirnya berdampak pada terjadinya Ispa.

“Syukur hingga saat ini Karhutlah di Katingan terus ditekan dan kesadaran masyarakat juga sangat tinggi, sehingga kita masih merasakan udara yang lebih baik dibandingkan dengan daerah lain di wilayah Kalteng,” Tandasnya. (VRY)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.