Dewan Gembira Penanganan Stunting Sukses, Ini Angkanya!

14

KUALA KURUN,HaloKalteng.com – Penanganan stunting khususnya di wilayah Kabupaten Gunung Mas ini dinilai sukses. Pasalnya itu, dari data angka itu tercatat tersebut mengalami penurunan yang cukup mengembirakan mencapai 12,9 persen saja dari tahun sebelumnya diperkirakan sekitar 17,9 persen saja.

Ketua DPRD Gunung Mas Akerman Sahidar mengaku gembira dengan terjadi penurunan angka stunting tersebut, karena memang diketahui para petugas di lapangan cukup rutin melakukan sosialisasi ke masyarakat sehingga tidak sia-sia perjuangan mereka dalam melayani.

“Dengan keberhasilan itu kami dari DPRD sendiri mengaku gembira dengan adanya kabar penanganan stunting didaerah kita Gumas ini cukup baik, bahkan melewati angka target dari pusat sekitar 14 persen, tetapi ini melewati angka itu dan turun mencapai 12,9 persen,” ucap Akerman Sahidar, Senin (20/05/2024).

Menurut dia, dengan adanya keberhasilan yang telah dicapai tersebut juga jangan sampai berbangga dahulu, tetapi bagaimana nanti dilapangan agar bisa terus dipertahankan, dan kalau bisa lebih dari angka tersebut, sehingga pelayanan dan tatacara dilapangan lebih dimaksimalkan.

“Dengan keberhasilan tersebut kami berharap kepada para petugas baik di dinas maupun di desa agar lebih giat lagi, karena yang dibangun itu bukan daripada fisik tetapi kesehatan dan SDM masyarakat, itu yang diperlukan,” harap dia.

Sementara itu, Wakil Bupati Gumas Efrensia LP Umbing melalui Kepala Dinkes Arnold Usup menjelaskan, stunting di Kabupaten Gunung Mas masih di bawah standar nasional. Berdasarkan standar nasional angka stunting itu 14 persen. Sementara hasil data dari SKI mencapai 14,9 persen. Ini berarti masih di bawah standar nasional.

“Maka dari itu kita bersama instansi terkait selalu menganjurkan kepada para orang tua terutama ibu-ibu yang sedang mengandung agar selalui memeriksakan kandungnya ke puskemas atau posyandu dan itu akan dipantau perkembangan kandungan hingga bayi yang sudah lahir,” demikian dia.(Red)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.