Triwulan IV Tahun 2022, Realisasi Fisik 96,22 Persen dan Keuangan 92,33 Persen

63

KASONGAN – Bupati Katingan Sakariyas SE mengatakan bahwa berdasarkan hasil rekapitulasi data Tim Evaluasi dan Pengawasan realisasi Anggaran (TEPRA) pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan per 31 Desember 2022 atau Triwulan IV, dari laporan yang disampaikan cukup menggembirakan.

Dimana realisasi fisik mencapai 96,22 persen dari target Triwulan IV sebesar 100 persen, sehingga terdapat Deviasi sebesar 3,78 persen. Selain itu, realisasi keuangan sebesar 92,33 persen dari target 98 persen. Terdapat deviasi sebesar 5,67 persen.

Hal tersebut disampaikan Bupati Katingan Sakariyas SE, saat membuka Rapat Pimpinan (Rapim) TEPRA Pemkab Katingan Triwulan IV Tahun 2022, di Aula Bappelibtang Katingan, baru-baru ini.

“Terkait itu, saya berharap agar nantinya TEPRA Kabupaten Katingan terus meningkatkan peran strategisnya dalam mengawal penyerapan anggaran. Oleh karena itu, manfaatkan  sebaik-baiknya pertemuan strategis ini untuk memperkuat koordinasi, sinergi dan harmonisasi dalam pelaksanaan tugas pengawasan dan evaluasi anggaran,” ucap Sakariyas.

Menurut Bupati, dengan adanya sinergitas semua bersama maka TEPRA akan dapat dioptimalkan. Sehingga data mendorong penggunaan alokasi anggaran agar semakin efektif dan efisien. “Selain itu, akan mampu memberikan daya ungkit terhadap perekonomian dan juga peningkatan kesejahteraan rakyat,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, dia meminta agar semua perangkat daerah dan kecamatan dapat dengan seksama mengikuti kegiatan rapat pimpinan tersebut. Agar nantinya, penyerapan anggaran Tahun 2023 dapat ditingkatkan sesuai dengan target yang telah ditentukan.

“Saya berharap perangkat daerah dan kecamatan dengan capaian tertinggi dalam penyerapan anggaran Triwulan IV Tahun 2022, agar dapat mempertahankan dan bahkan meningkatkannya lagi. Kemudian bagi yang masih rendah realisasinya, bisa melakukan langkah-langkah percepatan dalam pengelolaan anggaran,” pesannya. (st)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.