Pemilihan Duta Baca Jangan Sekedar Seremonial

60

 

KUALA KURUN – Ketua Komisi III DPRD Gunung Mas (Gumas) Iceu Purnamasari menyambut baik kegiatan Pemilihan Duta Baca Tingkat Pelajar SMA / SMK / MA Kabupaten Gumas tahun 2023 yang digagas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gumas.

“Kegiatan Duta Baca ini salah satu bentuk promosi budaya literasi atau membaca. Kita berharap tidak sekedar seremonial belaka,” kata Iceu, Rabu (2/8/2023).

Hal itu, lanjut Iceu sangat positif. Karena mencerminkan keseriusan pemerintah kabupaten untuk memajukan sektor pendidikan melalui promosi budaya membaca, serta mendukung program smart human resources, yakni pengembangan sumber daya manusia (SDM).

“Pemilihan duta baca dapat dijadikan motivasi, dan sebagai ikhtiar dalam mengajak masyarakat untuk menjadikan kegiatan membaca sebagai budaya. Jadikan kegiatan ini untuk membangkitkan semangat generasi muda untuk lebih peduli terhadap budaya membaca,” ucapnya. 

Bupati Gumas Jaya S Monong melalui Kepala Dinas ( Kadis) Perpustakaan dan Kearsipan Gumas Maria Efianti mengatakan, literasi merupakan salah satu pilar penting dalam membangun masyarakat yang cerdas dan berdaya saing.

“Melalui kemampuan membaca dan pemahaman, seseorang memiliki akses tak terbatas ke pengetahuan dan informasi. Mengembangkan minat baca dan menciptakan lingkungan yang mendukung kegiatan literasi menjadi tanggung jawab kita Bersama,” terang Maria.

Maria menjelaskan, pemilihan duta baca merupakan ajang yang sangat berarti dalam mendorong minat baca di kalangan Masyarakat, terutama generasi muda.

Para duta baca tidak hanya menjadi inspirasi bagi teman-teman sebayannya, tetapi juga menjadi perwakilan yang membawa semangat literasi ke berbagai komunitas dan sekolah di Kabupaten Gumas.

“Peserta pemilihan duta baca adalah teladan luar biasa yang diharapkan dapat membangun budaya membaca di Kabupaten Gunung Mas,” katanya.

“Upaya membangun budaya literasi tidak berakhir disini. Kegiatan ini hanyalah Langkah awal menuju Masyarakat yang gemar membaca dan berpengetahuan,” ucap Maria menambahkan.

Mantan Kepala Dinas Kesehatan itu menyerukan, untuk terus melanjutkan langkah ini dengan melibatkan lebih banyak lagi orang dalam kegiatan literasi dan memperluas akses terhadap buku dan bahan bacaan.

Teruslah berjuang untuk kemajuan dunia literasi di Kabupaten Gumas. Bersama-sama kita dapat mewujudkan Masyarakat yang cerdas, berwawasan dan maju.

“Dengan terpilihnya duta baca tingkat pelajar SMA / SMK / MA ini, diharapkan dapat memberikan informasi dan menyebarluaskan manfaat dari kegemaran membaca sebagai bentuk dukungan akan peningkatan indeks literasi pada Masyarakat,” tuturnya.

Bunda literasi Gumas Mimie Mariatie Jaya S Monong mengapreasi kegiatan. Ia berharap budaya literasi di kalangan generasi muda Gumas terus meningkat.

“Orang tua harus mendorong anak agar gemar membaca sejak usia dini.Dengan membaca cakrawala berpikir akan semakin luas,” ucap Mimie.

Juara pertama pemilihan duta baca tingkat pelajar diraih Ardia Stiven dari SMAN 1 Sepang. Juara kedua Noferdy Admajaya dari SMAN 1 Kurun dan juara ketiga Rachel Renzia Herry dari SMAN 1 Rungan Hulu.

Juara harapan satu diraih Nadia Afifah dari SMAN-1 Kuala Kurun, juara harapan dua Aril Efrillino dari SMAN-2 Tewah, dan juara harapan tiga Piona Pebian Nugraha dari SMKN-1 Mihing Raya. (AN/Nop).

IKLAN GIP RAMADAN PEMKAB KATINGAN
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.