Pemerintah, Pihak Sekolah Dan Orang Tua Harus Berkolaborasi Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan

73

 

KUALA KURUN – Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Edyson D Kenting, menyatakan agar bersama-sama menanggung kualitas pendidikan di Kabupaten Gumas, yakni pemerintah, sekolah dan orang tua.

“Pemerintah, pihak sekolah (tenaga kependidikan) dan orang tua peserta didik, berkolaborasi dalam meningkatkan kualitas individu peserta didik di Kabupaten Gunung Mas agar dapat terus meningkat,” ungkap Edyson, Jumat (21/7/2023).

Anggota DPRD pengganti antar waktu itu memaparkan, tanggung jawab pemerintah dalam meningkatkan kualitas individu peserta didik di Kabupaten Gumas, diantaranya dengan memberikan beasiswa bagi peserta didik yang berprestasi, peningkatan sarana prasarana pendidikan, memberikan bantuan pendidikan melalui Bantuan Operasional Sekolah (BOS), dan bentuk tanggung jawab lainnya.

Sedangkan tanggung jawab orang tua dalam meningkatkan kualitas individu peserta didik, diantaranya memelihara dan mendidik anak, mendukung tumbuh kembang anak sesuai kemampuan yang dimiliki, mendukung anak dalam budaya literasi, memberikan pendidikan karakter dan budi pekerti serta bentuk tanggung jawab lainnya.

“Tanggung jawab sekolah dalam meningkatkan kualitas individu peserta didik, diantaranya meningkatkan kedisiplinan dan pembelajaran, menanamkan kegemaran membaca, serta menciptakan suasana sekolah yang ramah untuk pendidikan dan pembelajaran,” terangnya.

Politisi PDI Pejuangan itu melanjutkan, tidak hanya kualitas individu peserta didik, kualitas guru pun perlu terus ditingkatkan melalui peningkatan literasi, mengikuti pelatihan yang menunjang kualitas guru, melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, peningkatan kedisiplinan, dan lainnya.

Legislator daerah pemilihan (dapil) II itu mengimbau peserta didik untuk disiplin dalam mengikuti kegiatan belajar, gemar membaca, menjadi peserta didik yang berkarakter Pancasila, menjauhi pergaulan yang merusak kesehatan dan masa depan, serta memiliki adab yang baik.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gumas melalui program Smart Human Resources berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan yang menciptakan peserta didik dan generasi muda yang Pintar Hayak Haratie.

“Pendidikan menjadi salah satu faktor penentu kemajuan wilayah ini, dengan kualitas sumber daya manusia masyarakat Gunung Mas yang baik, siap bersaing dengan masyarakat luar Kabupaten Gunung Mas,” ujar Bupati Gumas Jaya S Monong beberapa waktu.

Menurut Jaya, pendidikan pilar penting dalam memberantas masyarakat Gumas dari kemiskinan dan kebodohan. Ia mengimbau orang tua tidak pandang enteng arti pendidikan demi masa depan anak yang gemilang. (AN/Nop)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.