Kontingen FBIM Dilepaskan Wabup Gunung Mas, Ini Mata Lomba Diikuti

31

KUALA KURUN,HaloKalteng.com – Puluhan lebih kontingen Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) diberangkatkan, oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), akan mengikuti kegiatan yang dilaksanakan di Kota Palangka Raya, rangka meriahkan HUT Kalteng ke-67 tahun.

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa festival atau FBIM ini dilaksanakan setiap tahun, oleh provinsi Kalteng, yang mana kegiatan ini sangat positif guna memacu prestasi seniman dan olahragawan tradisional kita,” ucap Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia LP Umbing, Jumat (17/5/2024).

Menurut dia, kontingen FBIM Gunung Mas ini juga bisa sekaligus menjadi duta, dalam memperkenalkan kesenian dan budaya daerah yang ada. Selain itu, dirinya mengharapkan, pihak yang ikut serta di event kegiatan festival, agar menampikan karya seni budaya yang terbaik dan mengangkat kearifan lokal daerah.

“Izinkan saya pada hari ini, kontingan FBIM secara resmi saya nyatakan dilepas, maka saya berdoa semoga kontingen yang terdiri dari panitia, pendamping, seniman dan olahragawan tradisional dapat meraih prestasi terbaik dan bisa mengharumkan daerah kita,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Elkewirke  ungkapkan, dalam mengikuti event FBIM di Provinsi ini pihanya mengikuti kegiatan yang dilombakan ada sebanyak delapan mata lomba, seperti karanaval budaya, tari daerah, karungut, jukung tradisional, habayang, lawang skepeng, dan pemilihan jagau dan bawi nyai.

“Adapun jumlah kontingen yang diberangkatkan sebanyak 84 orang terdiri dari panitia inti, koordinator, seksi-seksi pendamping lomba, pelatih dan peserta, kemudian, pelaksanaan FBIM ini dilaksanakan dari tanggal 18-23 Mei ini di Palangka Raya,” demikian dia. (Red)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.