Kitadaya Katingan Ekplorasi Keindahan Budaya Dan Alam

66

 

KASONGAN – Momentum Hari Sumpah Pemuda Ke-98 Tahun 2023, Komunitas Pecinta Budaya dan Alam (KITADAYA) Katingan giatkan program
Jelajah Ekowisata Kabupaten Katingan.

“Giat Jelajah Ekowisata ini kita laksanakan di Dusun Rangan Seha, Desa Galinggang dan Desa Telaga, Kecamatan Kamipang, pada 28 – 30 Oktober 2023. Dimana hal tersebut bertujuan memotivasi semangat pemuda mencintai lingkungan alam, baik ekosistem sungai maupun ekosistem hutan,”jelas Ketua Umum Kitadaya Katingan, Khairul Saleh, Senin 30 Oktober 2023.

FOTO : Suasana Komunitas Pecinta Budaya dan Alam Katingan saat melaksanakan giat Jelajah Ekowisata berangkat dari pelabuhan Kereng Pekahi

Dia mengatakan kegiatan berupa aktivitas outdoors meliputi susur sungai, kemah, memancing serta pengambilan foto dan video. Selain anggota Kitadaya Katingan, kegiatan juga diikuti oleh belasan pemuda dari organisasi Himpunan Pemuda Katingan (HAPAKAT) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Katingan.

“Momentum sumpah pemuda tahun ini kita ambil dalam pelaksanaan kegiatan, untuk menggelorakan semangat pemuda peduli lingkungan dan mengajak masyarakat melindungi alam,”jelasnya.

Khairul Saleh menegaskan bahwa melindungi lingkungan hidup bukan hanya perkara warisan untuk generasi, namun juga berimplikasi pada nilai membangun daerah menuju kesejahteraan masyarakat. Sebab, lingkungan yang dijaga dan dikelola dengan baik, akan menghasilkan objek wisata yang memiliki “human interest”.

“Kita bisa melihat animo masyarakat global sekarang ini, yang lebih dominan tertarik melakukan perjalanan wisata alam dibanding wisata lainnya,”ungkapnya.

Maka dari itu kawasan yang memiliki nilai ekowisata, sehingga diharapkan warga setempat harus menjaga serta melindungi fauna dan flora. Jangan sampai melakukan aktifitas pengrusakan lingkungan.

“Jelajah Ekowisata ini tentunya menjadi program Kitadaya Katingan untuk mengenalkan semua keindahkan wisata dari segi budaya dan alam di Kabupaten Katingan agar bisa dikenal semua wisatawan dari daerah kita. Hal ini juga untuk membantu Pemerintah daerah meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dan lain-lainnya,” pungkasnya. (AN)

 

Iklan Ramadan Halokalteng
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.