Ekonomi Para Petani Memang Perlu Peningkatan

9

KUALA KURUN, Halokalteng.com –Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) sangat menukung adanya program pemerintah dengan, menjalankan smart agro dengan membudidayakan tanaman cabai. Hal itu, sangat tepat dalam membantu perekonomian masyarakat. Sehingga, bisa lebih sejahtera.

 

“Kita sangat setuju adanya program peningkatan ekonomi melalui program yang ada, yang mana petani lebih cepat menghasilkan, ketimbang yang lain. Karena tanaman cabai ini, sendiri lebih cepat dan efesien dan harganya pun ada sehingga sangat baik bagi petani juga ekonomi makin maju,” ucap Anggota DPRD Gumas Sahriah, Kamis (o4/07/2024).

 

Meski demikian, lanjut srikandi dari politisi Gerindra ini mengatakan, untuk menanam sayur seperti cabai jagung dan tanaman lainyya ini sendiri tidaklah rumit, karena alat dan bibitnya sudah disediakan pemerintah. Sehingga, kedepan para petani menanam, memiliki lahan, menjaga dan merawatnya yang perlu dilakukan.

 

“Petani dapat lebih cepat membudidayakan cabai ini, sebab sudah umurnya beberapa bulan bisa panen, karena langsung diambil oleh pembeli dan harga satu kilo saja bisa capai Rp.80 perkilo, bisa dibayangkan kalau harga per ton,” ujarnya.

Menurut, legislator dari daerah pemilihan (Dapil) II meliputi Kecamatan Rungan Hulu, Rungan Barat, Rungan, Mauhing Raya dan Manuhing ini menjelaskan, target pemerintah daerah saat ini untuk tanaman holtikultura mencapai 10 Ha. Hal ini dapat merobah pola hidup dan cara masyarakat dalam menambah penghasilan. Maka jangan sampai program tersebut ada namun tidak dimanfaatkan.

 

“Kita sangat yakin program untuk petani ini dapat memberikan hal yang positif, karena pertama mengobah kebiasaan lama, menjadi kebiasa baru contohnya berkebun seperti sayur-sayuran ini, kita tahu sayur dan cabai itu sangat dibutuhkan,” demikian dia. (Red)

Iklan Empas S Umar
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.