Dua Kelompok Tani Terima Bantuan Ternak Sapi

77

 

KUALA KURUN – Kelompok tani di Desa Sepang Kota Kecamatan Sepang serta kelompok tani di Desa Pilang Munduk Kecamatan Kurun Kabupaten Gunung Mas (Gumas) mendapat bantuan bibit ternak sapi.

Bantuan berasal dari dana aspirasi anggota DPRD Gumas Rayaniatie Djangkan. Masing-masing kelompok tani mendapatkan 8 ekor sapi (1 jantan dan 7 betina).

“Bantuan disalurkan melalui bidang peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Gunung Mas. Bantuan diserahkan Selasa 17 Oktober 2023 kepada Kelompok tani Desa Sepang Kota dan kelompok tani Desa Pilang Munduk,” kata Raya, Rabu 18 Oktober 2023.

Raya menyebutkan, konsep pembangunan Smart Agro tidak hanya tanaman jagung hibrida, tapi pertanian dalam arti luas lainnya.

“Dalam pengembangannya pada konsep pembangunan smart agro dapat diperluas pada pertanian dalam arti luas, seperti tanaman pertanian dan holtikultura, peternakan, perikanan, perkebunan dan kehutanan,” kata Raya.

Wakil rakyat dapil I Kecamatan Kurun, Mihing Raya dan Sepang itu mengatakan, pengembangan sektor peternakan di Kabupaten Gumas diharapkan mampu meningkatkan populasi maupun produksi ternak dengan harapan mampu mendorong diversifikasi pangan dan perbaikan mutu gizi masyarakat.

“Kelompok tani penerima bantuan, saya berharap dapat memelihara bibit ternak sapi dengan baik, seperti menjaga kebersihan kandang dan memberikan makanan yang cukup, sehingga bantuan bibit ternak yang diberikan bisa berkembang dengan baik untuk menambah pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan,” kata Raya.

Politisi PAN itu berharap Pemkab Gumas dapat berfokus pada pengembangan tanaman pertanian lainnya dan holtikultura, peternakan, perikanan, perkebunan dan kehutanan.

Ia mengimbau masyarakat Gumas dapat memanfaatkan lahan pekarangan untuk mengembangkan tanaman pertanian dan holtikultura, peternakan, dan perikanan guna menambah pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Terpisah, Bupati Gumas melalui Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Gumas Aryantoni menyambut baik bantuan bibit ternak sapi dari dana aspirasi anggota DPRD Gumas Rayaniatie Djangkan.

“Kami berharap melalui penyaluran bibit ternak sapi ini menjadi pemicu semangat masyarakat untuk mengembangkan peternakan, dan pertanian secara umum dalam turut berkontribusi sebagai salah satu sektor alternatif bagi peningkatan perekonomian masyarakat, sebagaimana maksud dari adanya Smart Agro menuju Gunung Mas yang Bermartabat, Maju, Berdaya Saing, Sejahtera dan Mandiri,” tutur Aryantoni. (AN/Nop).

Iklan Empas S Umar
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.