DPRD : Dukcapil Gunung Mas Diharapkan Terus Berinovasi

14

KUALA KURUN, HaloKalteng.com – Sekarang ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Gunung Mas, tengah melaksanakan inovasi dengan senyum tabela. Yang mana, melayani administrasi kependudukan (Adminduk) bagi anak usia dari 16 tahun keatas khususnya di 12 kecamatan.

Anggota DPRD Gunung Mas Punding S Menrang mengapresiasi, langkah tepat yang dilakukan Disdukcapil dalam melayani masyarakat. Apalagi dengan inovasi baru, sehingga mengkaper pelayanan bagi anak yang berusia 16 tahun.

“Kita akui program perekaman oleh Disdukcapi dikhususkan untuk anak yang sudah berusia 16 tahun ini, dan kita apresiasi sekali karena itu sangat membantu masyarakat kita di setiap kecamatan,” ucap Punding S Merang, belum lama ini.

Karena sambung Punding, melayani masyarakat dengan jemput bola itu sangatlah tidak mudah menjangkau di 12 kecamatan yang desanya berjumlah 114 desa. Sehingga, sangatlah butuh pengorbanan sampai ke plosok-plosok.

“Kita berharap kepada mereka diberikan nilai plus, karena sudah bersusah payah melayani masyarakat kita agar mendapatkan adminduk warga, sehingga mengkaper data dari desa-desa,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Disdukcapil Kabupaten Gumas Barthel menjelaskan program senyum tabela itu merupakan program yang dilakukan sejak tahun 2022 lalu. sehingga, mendata masyarakat di sejumlah sekolah SMA/SMK yang ada di 12 kecamatan.

“Data yang tercatat dikita sekitar 400 warga yang sudah berusia 16 tahun dilakukan perekaman di SMAN 1 Sepang, hingga Manuhing, dan nanti setelah umur mereka 17 tahun baru bisa kita cetak, ini kita akui sangat membantu kita,” demikian dia.(Red)

IKLAN GIP RAMADAN PEMKAB KATINGAN
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.