DPRD Desak PLN Segera Bangun Jaringan Listrik ke Desa

57

KUALA KURUN – Anggota DPRD Gunung Mas (Gumas) Untung Jaya Bangas menyampaikan, studi banding ke PT PLN (Persero) Kalselteng dan Kabupaten Tanah Laut Kalimantan Selatan (Kalsel) baru-baru ini. Pihaknya mendesak agar PT PLN Kalselteng segera membangun jaringan listrik ke desa-desa di Gumas.

“Dari seluruh desa yang ada di kabupaten Gunung Mas, tersisa 54 desa yang belum terpasang jaringan listrik. Kami minta mereka [PT PLN Kalselteng] tahun depan memasang jaringan listrik untuk 54 desa yang ada,” ujar Untung, Selasa (30/5/2023).

Untung menjelaskan, di pertemuan itu juga terungkap tahun ini akan ada pemasangan jaringan listrik untuk 18 desa di Gumas, yakni desa di Kecamatan Damang Batu, Manuhing Raya, Kecamatan Rungan Barat dan Rungan Hulu.

“Sisa  36 desa di wilayah ini yang belum terpasang jaringan listrik. Kami usulkan 36 desa itu menjadi prioritas PT PLN Kalselteng untuk memasang jaringan listrik, sehingga tahun 2024 seluruh desa Gunung Mas sudah terpasang jaringan listrik dan menyala,” terang Untung.

Lebih lanjut Untung menyatakan, selanjutnya yang harus diperhatikan adalah pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan ke desa di wilayah Gumas.

Menurutnya, jika infrastruktur jalan dan jembatan belum bisa fungsional, akan kesulitan bagi PLN untuk memasang jaringan listrik ke desa yang teraliri listrik.

“Sebuah keniscayaan penanganan jalan dan jembatan demi kelancaran pemasangan jaringan listrik dan kelancaran angkutan barang dan manusia ke semua desa di Gunung Mas,” kata Untung.

Wakil rakyat daerah pemilihan (dapil) tiga itu menambahkan, beberapa jalan dan jembatan di desa dapil tiga yang menjadi prioritas penanganan, yakni Desa Tumbang Napoi-Harowu, dan Desa Tumbang Hatung-Tumbang Miri menuju desa di aliran sungai Hamputung. (Vry)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.