Dewan Ajak Masyarakat Dukung Pemkab Perkuat Ketahanan Pangan

45

KUALA KURUN – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Pemkab Gumas) diminta terus berikhtiar memperkuat ketahanan pangan dalam arti luas seperti pertanian, perikanan, peternakan dan perkebunan. Hal itu disampaikan anggota komisi dua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gumas Untung Jaya Bangas, Rabu (15/03/2023).

“Ketahanan pangan dalam arti luas sangat penting dalam mendukung pertahanan keamanan, sosial, ekonomi dan politik. Ketahanan pangan merupakan kondisi dimana kebutuhan pangan rumah tangga tercukupi jumlah dan mutunya serta aman dan terjangkau,” kata untung.

Legislator daerah pemilihan tiga asal Partai Demokrat yang namanya mulai dibicarakan dan digadang-gadang ke permukaan untuk maju di pemilihan kepala daerah Bupati dan Wakil Bupati Gumas 2024 itu, menyatakan bahwa perwujudan ketahanan pangan dapat dicapai melalui ketersediaan pangan dan cadangan pangan.

Selain itu, penganekaragaman komsumsi dan keamanan pangan serta pencegahan dan penanggulangan rawan pangan. “Secara bersinergi kita bangun ketahanan pangan di wilayah ini dalam mendukung pertahanan keamanan, sosial, ekonomi dan politik,” ujarnya.

Menurut Untung, pengembangan ketahanan pangan di Gumas dapat dilakukan melalui penyediaan benih padi dan pupuk, pengoptimalan infrastruktur irigasi, penyediaan bibit ternak dan benih ikan dan berbagai upaya lainnya.

Wakil rakyat cukup vokal itu pun mengajak masyarakat Gumas untuk mendukung ikhtiar pemkab dalam memperkuat ketahanan pangan dalam arti luas dengan memanfaatkan lahan dan pekarangan untuk menanam padi dan sayur-sayuran. Membudidayakan ikan, ayam, bebek, sapi, kambing, babi dan ternak lainnya yang mendukung ketahanan pangan.

“Tinggalkan pola pikir yang pragmatis, beralihlah ke pola pikir yang realistis. Kita tidak bisa selalu mengandalkan pasokan sayur-sayuran dan ikan serta ternak lainnya dari luar Gunung Mas, kita harus bisa mengelola potensi pertanian dalam arti luas di wilayah ini untuk ketahanan pangan kita,” tutur Untung mengakhiri.  (vri)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.