Akerman Dukung Inovasi Daerah

63

 

KUALA KURUN – Ketua DPRD Gunung Mas (Gumas) Akerman Sahidar mengapresiasi dilakukannya Lomba Inovasi Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gumas.

“Kami (DPRD) sangat mendukung dilakukannya lomba inovasi daerah yang diikuti Perangkat Daerah dan kecamatan. Inovasi daerah sangat penting untuk membawa Gunung Mas semakin maju,” ujar Aker selepas mengikuti pembukaan Sosialisasi Inovasi Perangkat Daerah dan Penandatanganan Komitmen Bersama Seluruh Perangkat Daerah Lingkup Pemkab Gumas, di Aula Bappedalitbang, Senin 16 Oktober 2023.

Sosialisasi Inovasi Perangkat Daerah dalam rangka meningkatkan kinerja Pemerintahan. Aker menegaskan, sebuah keniscayaan dilakukannya inovasi daerah. Tanpa inovasi, tanpa terobosan kedepan yang berarti, Kabupaten Gumas tidak akan bisa mengalami kemajuan yang signifikan.

“Dengan adanya inovasi daerah, program kegiatan dari tiap perangkat daerah, kecamatan, kelurahan dan desa akan terarah dan terlaksana dengan baik, kinerja penyelenggaraan pemerintahan berjalan maksimal, dalam mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan wilayah,” terang Aker.

Membuka Sosialisasi Inovasi Perangkat Daerah dan Penandatanganan Komitmen Bersama Seluruh Perangkat Daerah Lingkup Pemkab Gumas, Bupati Gumas Jaya S Monong mengatakan tanpa inovasi kita akan tertinggal, karena kita hanya disibukkan dengan pekerjaan yang menoton setiap hari, bulan bahkan tahun.

“Perubahan cara kerja menjadi lebih efektif dan efisien dengan metode baru yang bapak/ibu terapkan sudah merupakan inovasi. Inovasi tidak sesulit yang kita bayangkan,yang terpenting adalah kemauan kita bersama,” kata Jaya.

Jaya mengakui dirinya mendengar sampai sekarang belum semua Perangkat Daerah yang ikut dalam lomba inovasi dengan berbagai alasan.

Dia menjelaskan, inovasi disegala bidang adalah penyumbang utama lahirnya peradaban baru. Tanpa inovasi, segala dinamika masih berkutat di dalam peradaban terbelakang dan tradisional.

Hanya perubahan ide dan praktik yang membuat peradaban ikut berubah dengan bentuk yang lebih cepat dan efektif. Dalam konteks pemerintah daerah, inovasi berdampak bagi kemajuan suatu daerah. Daerah yang tidak berinovasi akan tertinggal jauh dibanding daerah lainnya.

“Inovasi daerah merupakan sarana pemerintah untuk mendorong terciptanya penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan masyarakat yang lebih produktif, efisien dan efektif,” tandas Jaya.

Jaya menyampaikan terima kasih kepada Perangkat Daerah yang berpartisipasi dalam lomba inovasi karena membuktikan adanya inovasi di Perangkat Daerah tersebut.

“Lewat kegiatan ini, dapat memberikan dan menambah semangat kita untuk berinovasi demi mewujudkan Gunung Mas yang Bermartabat, Maju, Berdaya Saing, Sejahtera dan Mandiri atau Berjuang Bersama,” harap Jaya. (AN/Nop).

Iklan Empas S Umar
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.