Wabup Gumas Tekankan Pentingnya Hormati Perbedaan pendapat

67

KUALA KURUN – Wakil Bupati (Wabup) Gunung Mas (Gumas) Efrensia LP Umbing mempersilahkan masyarakat menyampaikan kritik, saran dan masukan kepada Pemerintah Kabupaten Gumas.

“Siapapun kita, termasuk Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, kalau ingin maju harus mau dikoreksi. Dengan adanya koreksi, kita semua khususnya Pemerintah Kabupaten Gunung Mas akan menjadi lebih baik,” kata Efrensia, Jumat (03/03/2023).

Pun begitu, wabup berharap masyarakat melontarkan kritik, saran dan masukan dengan sopan, dengan narasi dan diksi yang baik, karena sebagai manusia punya perasaan.

“Silahkan mengkritik, menyampaikan koreksi, saran dan masukan, namun jangan dengan narasi dan diksi yang kasar bahkan menghina. Kita berbeda pendapat, tapi jangan memaksakan pendapat kita dengan kasar,” tegas Efrens.

Ia menekankan pentingnya semua masyarakat menghormati perbedaan. Regulasi di negeri ini sudah memberikan ruang untuk menyampaikan pikiran dan pendapat dengan mengikuti koridor hukum dan perundang-undangan yang berlaku.

“Kami [Jaya-Efrens] suka dengan koreksi, saran dan masukan, asalkan caranya dengan baik, jangan sampai membuat tersinggung. Orang yang tidak bisa mendengarkan koreksi, saran dan masukan dari orang lain itu adalah orang bodoh,” tutur wabup.

Sebelumnya, Bupati Jaya S Monong menegaskan ia dan Efrensia terbuka dengan kritik, saran dan masukan dari masyarakat.

“Kami tidak anti kritik, saran masukan dari masyarakat. Bagi kami kritik, saran masukan dari masyarakat itu ibarat obat yang pahit, namun  berguna bagi kami dalam menjalankan tugas dan kewajiban membangun wilayah ini menuju kemajuan,” kata Jaya beberapa waktu lalu.

Jaya mempersilahkan masyarakat menyampaikan kritik, saran masukan kepadanya dan wabup dengan narasi dan diksi yang baik.

“Kami tidak alergi terhadap kritik, saran masukan yang disampaikan masyarakat, hanya saja kami berharap sampaikanlah kritik, saran masukan itu dengan cara yang elok dan beretika, tidak dengan narasi dan diksi yang negatif,” katanya.

Menurutnya, sebuah pemerintahan tanpa adanya kontrol, kritik, saran masukan dari masyarakat menjadi tidak sehat.

Pemerintahan akan sehat dan makin mendapat kepercayaan dan dukungan dari masyarakat apabila pemerintahnya terbuka dengan kritik, saran masukan.

“Dukungan dari masyarakat Gunung Mas berupa kritik, saran masukan yang membangun sangat kami harapkan dan kami hargai,” katanya.

Diakuinya, dirinya dan wabup hanyalah manusia biasa yang serba tiada sempurna, pun juga bukan alat pemuas untuk kepentingan pribadi maupun kelompok.

Sejak pertama menjalankan tugas hingga hari ini, ada keberhasilan yang dicapai, ada pula ketidakberhasilan, masih banyak yang harus mereka benahi demi kemaslahatan masyarakat dan kemajuan Gumas. (vri)

IKLAN GIP RAMADAN PEMKAB KATINGAN
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.