Untung Bangas Latih Pelaku UMKM Olah Keripik Rebung

43

 

KUALA KURUN – Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UMKM Kabupaten Gunung Mas (Gumas) baru-baru ini menyelenggarakan pelatihan Pembuatan Keripik Rebung bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Aula Hotel Gumas.

Pada kegiatan itu, Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UMKM Gumas menggandeng anggota DPRD Gumas Untung Jaya Bangas untuk melatih sebanyak kurang lebih 15 orang peserta kegiatan.

“Kegiatan itu sangat baik dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta tentang bagaimana proses pembuatan keripik rebung, mengingat keripik rebung salah satu sumber usaha yang menjanjikan di wilayah ini, dan mendatangkan keuntungan yang sangat baik,” kata Untung dikonfirmasi, Selasa (1/8/2023).

Politisi Demokrat itu mengakui, selama ini masyarakat hanya bisa memanfaatkan rebung untuk olahan sayur, tanpa tahu bagaimana cara lebih jauh mengolah rebung menjadi produk camilan ringan yang memiliki nilai jual.

Melalui pelatihan, rebung dapat diolah menjadi produk olahan camilan ringan yang memiliki rasa yang lezat dan gurih yang digemari anak-anak hingga orang tua.

“Peserta diharapkan dapat mempraktekan apa yang sudah didapat dari pelatihan, dengan membuat usaha rumahan pembuatan keripik rebung, sehingga camilan ringan dari rebung dapat dikenal di masyarakat Kabupaten Gunung Mas,” ujar wakil rakyat daerah pemilihan (dapil) tiga itu.

Legislator cukup vocal itu selanjutnya mengulas cara membuat keripik rebung, yakni menyiapkan bahan peralatan, rebung dikupas hingga bersih.

Potong rebung menjadi dua lalu iris tipis-tipis sesuai selera. Siapkan wajan, masukkan air dan rebus bersamaan irisan rebung. Angkat rebung yang direbus dan tiriskan.

Buat adonan untuk baluran tepung keripik dengan menghaluskan kemiri, bawang putih, garam, merica dan cabai. Tambahkan tepung beras dan juga tepung kanji, lalu aduk rata. Siapkan wajan serta panaskan minyak goreng.

Goreng rebung sambil diaduk secara perlahan. Setelah matang keripik rebung diangkat dan ditiriskan, lalu dinginkan kemudian dikemas dengan menggunakan plastik. Keripik rebung siap dipasarkan. (AS/Nop).

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.