Transisi PAUD ke SD untuk Jadikan Perubahan Proses Pendidikan

99

KUALA KURUN,HaloKalteng.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Gunung Mas melalui Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) setempat, menggadakan agenda acara penguatan transisi dari Pendidikan anak usia dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD) bagi kepala sekolah di satuan pendidikan jenjang SD di Kecamatan Kurun sebagai Zona II.

Hadir dan membuka kegiatan bunda PAUD Gunung Mas Mimie Mariatie Jaya S Monong, Kepala Disdikpora Aprianto, Kasi Kurikulum SD SMP Cendrawan dan Guntur sebagai panitia penyelengara kegiatan penguatan transisi PAUD ke jenjang SD, yang dilaksanakan di GPU Tampung Penyang, Senin (29/04/2024).

Bunda PAUD Gunung Mas Mimie Mariatie Jaya S Monong sedang membuka kegiatan, didampingi Kepala Disdikpora Aprianto dan didampingi narasumber dan pengawas sekolah, di GPU Tampung Penyang, Senin (29/04/2024).

Bunda PAUD Gunung Mas Mimie Mariatie Jaya S Monong saat membuka kegiatan mengatakan, dalam kesempatan tersebut disampaikannya pesan, sekaligus mengajak semua, khususnya melalui guru dan kepala Sekolah sebagai pengelola dan penanggung jawab di satuan pendidikan.

“Harapan kita kelolalah Sekolah dengan sebaik-baiknya dengan penuh dedikasi pada kepuasan pelayanan public, sebab disekolahlah masyarakat mempercayakan anak mereka untuk di didik oleh Guru-Guru hebat dan diayomi oleh Kepsek yang hebat,” ucapnya.

Untuk itu, ujarnya, Kepsek bersama-sama dengan seluruh guru memiliki tanggung jawab yang besar tidak sekadar bagaimana memastikan adanya Penjaminan Mutu, tetapi secara bersamaan juga melakukan upaya serius dan sungguh-sungguh kepada usaha peningkatan mutu, baik mutu layanan maupun mutu pendidikan.

Sementara itu, Kepala Disdikpora Gunung Mas Aprianto menjelaskan dirinya juga mengemban tanggung jawab untuk mengelola pelayanan pendidikan, khususnya dilingkup pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar dan menengah yaitu SD, SMP serta pendidikan anak usia dini dan kesetaraan, yakni PAUD dan PKBM yang menjadi kewenangan Pemda.

“Saya mengingatkan bapak ibu semua, bahwa tingkat kemampuan Numerasi dan Literasi anak didik kita masih rendah. Saya mengetuk kesadaran kita bersama bahwa melalui Penguatan Transisi PAUD ke SD ini dapat menjadikan perubahan dalam proses untuk mempersiapkan diri menjemput perubahan itu,” ujarnya.

Dikesempatan itu juga, Aprianto menyampaikan juga kegiatan Sosialisasi Transisi PAUD ke SD ini dilaksanakan, agar seluruh Kepala Sekolah untuk mempersiapkan diri dan sekolahnya dalam menyambut kelulusan peserta didik dari PAUD menuju ke Sekolah Dasar pada tahun ajaran baru.

“Dikesempatan ini juga saya laporkan juga pelaksanaan Transisi PAUD ke Sekolah Dasar seluruhnya berjumlah 178 Sekolah Dasar. Dan target kita memang cukup besar dan membutuhkan akselerasi yang tinggi,” ujarnya.

Sementara, Ketua Panitia Kegiatan Guntur menjelaskan kegiatan ini mancakup enam zona, yanni Zona-1 meliputi kecamatan Sepang dan Kecamatan Mihing Raya, Zona-2 meliputi Kecamatan Kurun. Zona-3 meliputi Kecamatan Tewah. Zona-4 meliputi Kecamatan Kahayan Hulu Utara, Damang Batu dan Miri Manasa, yang dilaksanakan Kecamatan Kahut.

“Zona-5 meliputi Kecamatan Rungan Hulu, Rungan dan Rungan Barat, yang dilaksanakan di Kecamatan Rungan, 4 Mei 2024, dan zona-6 wilayah Kecamatan Manuhing dan Manuhing Raya, yang dilaksanakan di kecamatan Manuhing, 6 Mei 2024,” demikian dia. (Red).

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.