Titik Api Karhutla Di Gunung Mas Meningkat

31

 

KUALA KURUN – Wakil Ketua II DPRD Gumas Neni Yuliani, mengatakan bahwa beberapa hari belakangan ini ratusan titik api sudah bermunculan di wilayah Kabupaten Gunung Mas. Dengan demikian, diminta kepada Pemerintah Daerah melalui Tim penanggulangan bencana kebakaran dan Lahan (Karhutla) agar lebih intensif melakukan pemadaman.

“Titik api Karhutla di beberapa wilayah kita mungkin sudah mencapai ratusan lebih. Kita minta Pemerintah daerah harus lebih mengintensifkan penangulangannya dengan cara berpatroli di wilayah yang rawan Karhutla,” jelas Neni Yuliani, Kamis 28 September 2023.

Dia berharap pemerintah daerah dan intansi terkait untuk memperhatikan kolam-kolam, embung atau sumur bor agar bisa dipergunakan sewaktu-waktu apabila terjadi Karhutla di daerahnya. Sehingga pasokan air tidak kesulitan.

Saat dikonfirmasi, Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gumas Champili, mengatakan bahwa pihaknya sudah mendirikan tiga posko untuk penanganan Karhutla salah satunya di wilayah Kecamatan Kurun, Talaken dan daerah yang dianggap rawan kebakaran.

“Total hot spot wilayah Kabupaten Gumas, saat ini tercatat dari Januari sampai dengan 27 September 2023 ada sebanyak 467 Hot Spot. Jumlah tersebut dengan luas kurang lebih 306 hektare lahan yang mengalami kebakaran,” singkatnya. (AN)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.