Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Mata Pencaharian Baru

94

 

KUALA KURUN – Selain menimbulkan kerugian dibandingkan keuntungan, lokasi pertambangan emas yang semakin sempit di Kabupaten Gunung Mas (Gumas), mengharuskan masyarakat desa yang selama ini bergelut di usaha pertambangan, mencari mata pencaharian baru demi peningkatan kesejahteraan. Hal demikian disampaikan anggota DPRD Gumas, Untung Jaya Bangas, Jumat (19/5/2023).

“Dalam hal mata pencaharian baru, masyarakat desa dapat mengusahakannya, seperti pertanian dalam arti luas dengan memanfaatkan lahan dan pekarangan untuk menanam padi dan sayur-sayuran, membudidayakan ikan, ayam, sapi, babi dan ternak lainnya,” kata Untung.

“Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas melalui dinas terkait perlu terus melakukan pemberdayaan masyarakat desa untuk mengusahakan mata pencaharian baru. Mengajarkan masyarakat desa untuk melakukan praktek pengusahaan pertanian dalam arti luas dalam meningkatkan kesejahteraan mereka,” sambung wakil rakyat daerah pemilihan (dapil) tiga asal Partai Demokrat tersebut.

Legislator dua periode yang menjadi bakal calon anggota legislatif (bacaleg) dapil satu Kalteng untuk DPRD Kalteng pada Pemilu 2024 itu mengingatkan masyarakat desa untuk meninggalkan pola pikir pragmatis dan beralih ke pola pikir realistis.

“Masyarakat desa tidak bisa lagi hanya mengandalkan pendapatan dari usaha pertambangan emas, tapi bagaimana dengan kreativitas yang ada mengelola potensi pertanian dalam arti luas untuk kesejahteraan hidup,” tuturnya.

Lanjut Untung, masyarakat desa juga perlu diberdayakan dalam hal usaha kecil dan menengah yang bermuara pada peningkatan kesejateraan.

Dalam kunjungannya ke desa dapil tiga, ia telah memberikan edukasi kepada masyarakat dalam hal usaha kecil dan menengah, seperti di Desa Upon Batu Kecamatan Tewah dengan memberikan pelatihan ke warga desa dalam pembuatan es krim dan roti, sehingga warga memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk kebaikan hidup mereka.

“Pengetahuan dan keterampilan di sektor pertanian, perikanan, peternakan, dan perkebunan patut terus diberikan ke masyarakat desa dalam upaya menciptakan mata pencaharian baru. Dengan begitu perekonomian warga bisa meningkat,” kata Untung.

Ditambahnya, melalui dana aspirasinya, telah mendukung peningkatan kesejahteraan warga desa melalui mata pencaharian baru di sektor peternakan dan perikanann, dengan harapan masyarakat desa meninggalkan usaha pertambangan emas dan beralih ke usaha lain yang tidak menimbulkan kerusakan lingkungan. (AN/Nop).

Iklan Empas S Umar
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.