Tambah Wawasan, Masyarakat Diajak Kunjungi Perpustakaan Daerah

60

KUALA KURUN – Bupati Gunung Mas (Gumas) Jaya S. Monong melalui  Kepala Dinas (Kadis) Perpustakaan dan Kearsipan Maria Efianti mengajak masyarakat Gumas dari semua kalangan usia berkunjung ke perpustakaan daerah di Jalan E L Gerson Nomor 1 Kuala Kurun.

“Manfaatkan keberadaan perpustakaan daerah untuk mencari ilmu dan menambah wawasan. Gemar membaca cakrawala berfikir akan luas,” kata Maria, Kamis (02/03/2023).

Dikatakannya, terdapat puluhan ribu buku menarik di perpustakaan daerah bagi semua kalangan usia, dan menjadi khazanah ilmu pengetahuan bagi masa depan yang lebih baik.

“Sangat tepat kalau dikatakan buku itu jendela dunia, karena membaca buku wawasan menjadi luas. Penguasaan ilmu pengetahuan menjadi sangat penting, terlebih di era sekarang ini,” ujar Maria.

“Keberadaan perpustakaan daerah juga bagian dari upaya mendukung program smart human resources yakni peningkatan sumber daya manusia melalui membaca. Kita ingin budaya literasi masyarakat meningkat,” sambung dia.

Selain perpustakaan yang menyimpan buku dari beragam disiplin ilmu dalam rak di ruangan, pihaknya juga tengah merencanakan program perpustakaan digital.

Perpustakaan digital merupakan perpustakaan yang sebagian besar koleksi bukunya tersedia dalam format digital dan bisa diakses melalui komputer atau laptop.

Semua koleksi dari perpustakaan digital berada dalam suatu komputer server yang bisa ditempatkan secara lokal maupun di titik lokasi yang jauh, dan orang-orang bisa mengakses server perpustakaan digital ini dengan cepat, mudah dan praktis melalui jaringan komputer atau laptop.

“Kita berharap laounching perpustakaan digital tahun ini bisa terlaksana,” tandas Maria seraya menambahkan pihaknya juga sudah memiliki mobil perpustakaan keliling. (vri)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.