Realisasi APBD TW.I Menurun dari Tahun 2023

16

KUALA KURUN,HaloKalteng.com– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas bersama Badan Perencanaan, Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerag setempat, mengadakan Rapat Koordinasi Pengendalian dan Evaluasi (Rakordalev) realisasi pelaksanaan APBD di triwulan (TW) I dalam periode Tahun Anggaran (TA) 2024 ini.

Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia LP Umbing mengatakan, terkait realisasi anggaran hingga Triwulan I TA 2024, seperi dalam Pendapatan Daerah sebesar 9,77 persen, seperti Pendapatan Asli Daerah (PAD) capai 2,18 persen, lalu di pendapatan transfer 10,4 persen.

“Sekarang ini kita lihat didalam lain-lain pendapatan daerah yang sah, dan masih nol persen. Sementara, untuk belanja daerah sebesar 8,75 persen, dengan rincian belanja operasi 11,86 persen, belanja modal 1,44 persen, belanja tidak terduga 2,16 persen, dan belanja transfer 0,15 persen,” ucap Efrensia LP Umbing, Jumat (19/4/2024).

Lalu, sambung dia, target penyerapan anggaran triwulan I seharusnya minimal 20 persen, maka dari hasil realisasi yang ada, dapat diartikan bahwa kinerja dari semua belum optimal, namun bila dibandingkan realisasi Triwulan I Tahun 2023 yang mengalami kenaikan dari tahun ini.

“Realisasi saat ini mengalami penurunan sebesar 10,22 persen pada pendapatan daerah dan 2,51 persen pada belanja daerah. Untuk hal ini mohon tetap menjadiperhatian kita bersama, Rakordalev ini menjadi momentum penting,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bapperida Gunung Mas Yantrio Aulia menjelaskan terkait tujuan guna menyampaikan realisasi capaian indikator makro dan indikator kinerja utama di tahun 2023, sesuai dokumen RPJMD Tahun 2019-2024. Selain itu, data realisasi Keuangan dan fisik proyek strategis tahun 2024 serta Pemenuhan SPM.

“Hadir di kegiatan ini dari semua OPD, Forkopimda dan pihak kecamatan untuk sampaikan data capaian Belanja daerah baik yang bersumber dari DAU, DAK Fisik dan Non Fisik serta Dana Desa baik keuangan dan fisiknya untuk Tahun 2023 dan triwulan I tahun 2024 ini,” ujarnya.

Ia menambahkan, disampaikan juga data capaian target anggaran Pendapatan dan penerimaan daerah baik itu yang bersumber dari PAD, pendapatan Transfer dan lain-lain pendapatan daerah yang sah lainnya untuk Tahun 2023 dan triwulan I tahun 2024. (Red)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.