Polres Gumas Berhasil Amankan Dua Pelaku Pencurian Saat Rumah Kosong

53

 

KUALA KURUN – Polres Gunung Mas (Gumas) berhasil meringkuk dua orang pelaku pencurian berinisial RJ dan VR saat rumah kosong atau saat ditinggal pemilik rumah. Sasaran rumah merupakan milik Salundik I Rahu di Jalan Kurun-Sei Hanyo, RT14/RW002, Kecamatan Kurun, Rabu 27 Desember 2023 lalu. 

Hal ini diketahui saat Kapolres Gunung Mas AKBP Theodorus Priyo Santosa saat melaksanakan press rilis terkait kasus tersebut, Rabu 10 Januari 2024.”Hasil penyelidikan terhadap kedua pelaku ini melakukan aksinya dengan modus membongkar rumah kosong yang ditinggal oleh penghuni rumah dengan cara mencongkel jendela dengan menggunakan obeng. Setelah itu, pelaku masuk melalui jendela untuk mengambil barang barang korban hasil dari pencurian tersebut dijual untuk kepentingan pribadi dan membeli narkotika jenis sabu-sabu,” terang AKBP Theodorus Priyo Santosa. 

Lanjutnya, barang bukti yang disita dari pelaku RJ adalah satu unit motor dan STNK, speker merk Advance dan mikrofon, notebook lengkap cas beserta mouse, accu mobil, tas selempang, CCTV, Modem, samurai, senapang angin. Dan disita dari VR ada tablet dan satu unit gerinda.

“RJ yang juga selaku otak dari keduannya ini sempat melawan petugas di TKP langsung dilumpuhkan mengena di kaki kirinya,” jelas Kapolres.

Kasat Reskrim Polres Gunung Mas AKP Nur Rahim, menambahkan, saat penangkapan terhadap pelaku Resedivis RJ yang sempat melawan petugas di lapangan sehingga langsung dihadiahi timah panas. Karena pihaknya meyakini tidak ada ruang bagi pelaku street crime di Gunung Mas.

“Untuk korban mengalami kerugian materi mencapai Rp18 juta. Maka tersangka RJ ini kita kenakan pasal 363 ayat (1) ke 3e dan 5e KUHPidana dengan ancaman pidana 7 tahun penjara, sedangkan VR dikenakan pasal 363 ayat (1) ke 3e dan 5e jounto pasal 55 KUHPidana dengan ancaman 5 tahun penjara,” pungkas Baim sapaanya ini. (CP)

Iklan Empas S Umar
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.