Perhatian Keluarga Penting Bagi ODGJ

64

 

KASONGANKasus Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), proses pemulihan, selain pemerintah, peran keluarga sangat penting.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Katingan. Elmon Sianturi mengatakan untuk melakukan proses pemulihan dan penyembuhan bagi ODGJ, merupakan tanggungjawab pemerintah, namun, peran keluarga sangat penting.

“Keluarga memiliki peran penting, pasalnya, secara emosional, keluarga yang memahami dan tahu persis keadaan ODGJ, dan dia sangat butuh kasih sayang keluarga,” Ungkap Kadis Sosial Elmon Sianturi, di sela-sela giat Musrenbang yang berlangsung di Aula Kecamatan Tewang Sanggalang Garing Pendahara, Selasa (14/02/2023).

Dijelaskan Elmon, pemerintah dalam penanganan kasus ODGJ, wajib memberikan pengobatan, namun bila ODGJ tersebut dapat mengancam diri sendiri maupun orang lain, maka akan dibawah ke tempat rehabilitasi, tetapi pengobatan ditempat rehabilitasi tidak secara terus menerus, pasalnya, ketika sudah mengalami perubahan, akan dikembalikan kepada keluarga.

“Pada saat dikembalikan kepada keluarga, disinilah harapan kita agar, keluarga benar-benar memberikan perhatian, termasuk memberikan obat secara kontinu, kalau dibiarkan, tentu bisa kambuh lagi,” Tuturnya.

Diakui Elmon, Kecamatan Tewang Sanggalang Garing, memiliki populasi ODGJ yang cukup tinggi, namun peran pemerintah baik kecamatan dan kabupaten, tetap berjalan dengan baik dalam penanganan kasus ODGJ.

“Kita tetap memberikan perhatian dan kami selaku pemerintah berharap masyarakat yang punya anggota keluarga ODGJ, tetap melakukan komunikasi, sehingga perhatian pemerintah tetap berjalan,” Tandasnya. (Vry)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.