Peningkatan Kapasitas dan Pelatihan Saksi Digelar Bawaslu

33

KUALA KURUN, Hallokalteng.com– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gunung Mas menggelar kegiatan peningkatan kapasitas dan pelatihan saksi peserta pemilu di tahun 2024 ini. Hal tersebut, dilaksanakan sesuai agenda rutin dalam kepemiluan.

Ketua Bawaslu Gunung Mas Yepta H Jinal melalui Komisonernya Agus Pratomo Cahyo mengatakan, pelatihan ini sebenarnya bertujuan untuk saksi-saksi sebagai peserta pemilu, baik itu dari parpol maupun dari pasangan calon presiden maupun wakil presiden.

“Pelatihan ini juga sesuai dasar UU tentang  Pemilu. Sehingga kegiatan yang dilaksanakan Bawaslu nantinya dapat meningkatkan pengetahuan para saksi terkait tahapan pungut dan hitung di TPS,” kata Agus Pratomo Cahyo, dibincangi, Senin 5 Februari 2024.

Kemudian sambung dia, saksi ini juga sebagai partisipasi langsung peserta pemilu dalam melakukan pencegahan pelanggaran. Sedangkan jumlah saksi yang mengikuti pelatihan diperkirakan ratusan lebih peserta.

“Target saksi yang mengikuti pelatihan ini capai 200 lebih, dan kalau dilihan dari daftar hadir ada yang dari Parpol, Paslon Presiden, lalu saksi ada dari DPD,” ujarnya.

Memang kata Agus menjelaskan, dalam pelatihan tersebut merupakan koordinator saksi dari tingkat kecamatan. Sehingga, diharapkan dari bimtek ini juga khusus bagi saksi yang ada di kecematan dapat melatih mereka yang ada di lokasi TPS.

“Dengan pelatihan saksi Kecamatan ini, memberikan ilmu untuk saksi yang ada di TPS, agar memberikan informasi yang baik dan dapat disampaikan nanti menyeluruh ke tingkat parpol mereka nantinya,” pungkas dia. (krn/red)

IKLAN GIP RAMADAN PEMKAB KATINGAN
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.