Pengurus Karang Taruna Kabupaten Katingan Masa Bakti 2022 – 2026 Dikukuhkan

62

KASONGAN – Pengurus Karang Taruna Kabupaten Katingan Masa Bakti 2022 – 2026 resmi dilantik, Jumat (13/01/2023). Yudea Pratidina yang juga Anggota DPRD Kabupaten Katingan, dipercaya sebagai ketua. Prosesi pengukuhan dan pelantikan yang dilaksanakan di Aula BPKDA Katingan, dihadiri Bupati Katingan Sakariyas SE.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan bahwa sebagai organisasi kepemudaan yang hidup dan berkembang di tengah masyarakat, karang taruna merupakan wadah pengembangan warga yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran serta rasa tanggung jawab, dari, oleh dan untuk masyarakat khususnya generasi muda atau komunitas sosial sederajat.

“Kehadiran karang taruna memiliki peran dalam pembangunan masyarakat. Terutama, pada peningkatan potensi dan peran aktif generasi muda dalam pembangunan di bidang kesejahteraan sosial. Karang taruna diharapkan mampu mengembangkan  serta mencarikan solusi terhadap setiap permasalahan kesejahteraan sosial, perekonomian, serta penguatan integritas dan moral anak bangsa,” imbuhnya.

Setelah pelaksanaan pelantikan dan pengukuhan ini, Pengurus Karang Taruna Kabupaten Katingan akan melaksanakan Rapat Kerja Tahun 2023. Hal ini penting untuk dilakukan, karena bertujuan sebagai media regulasi dan reorientasi program dan kegiatan kepengurusan. “Itu sebagai langkah efektif untuk dapat tumbuh dan berkembang serta tetap eksis di masa depan,” tutur Sakariyas.

Menurut Bupati, Pemerintah Kabupaten Katingan menyambut baik atas terlaksananya rapat kerja tersebut. Dia berharap, semoga nantinya bisa menghasilkan rancangan program dan kegiatan yang berkomitmen untuk memajukan organisasi agar menjadi lebih maju dan sejahtera. “Selain itu, menjadi langkah awal untuk mengoptimalkan dan menghidupkan karang taruna kearah yang lebih baik,” ujarnya.

Diungkapkan, bahwa keberadaan karang taruna merupakan mitra pemerintah sebagai kontrol sosial. Tentunya, perlu menjadi mata dan telinga bagi pemerintah. Terlebih di Kabupaten Katingan ini, banyak potensi yang bisa dikembangkan. “Maka dari itu, diharapkan warga karang taruna bisa bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Katingan menjadi role model bagi masyarakat. Kemudian, turut menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan terampil,” tutupnya. (st)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.