Pemdes & Posyandu Punya Peran Turunkan Stunting

58

KASONGAN – Pemerintah Desa dan Posyandu memiliki peran untuk menurunkan angka Stunting.

Dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Glorikus, Pemerintah Daerah terus melakukan berbagai upaya untuk menurunkan angka Stunting di Kabupaten Katingan, hal ini dibuktikan dengan dilibatkannya lintas sektor, namun peran Pemerintah Desa (Pemdes) Posyandu bahkan Tim Penggerak PKK tingkat desa, menjadi ujung tombak dalam mengatasi Stunting.

“Yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, tentu pemerintah desa, Posyandu dan Tim Penggerak PKK,” Ungkap Kadis Kesehatan Glorikus, Saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (11/07/2023).

Dijelaskan Glorikus, pemerintah desa diharapkan mampu mengerakkan masyarakat untuk aktif, mendatangi Posyandu yang ada di desa-desa sehingga pencegahan terjadinya Stunting dapat dicegah.

“Kalau masyarakat, khususnya Ibu Hamil dan bayi aktif di bawah ke Posyandu, maka deteksi secara dini bisa dilakukan dengan pemberian makanan bergizi,” Ujarnya.

Glorikus juga meminta, seluruh Posyandu di Kabupaten Katingan, aktif melaksanakan kegiatan, pasalnya data Stunting yang di laporkan melalui sistem, berasal dari laporan hasil giat Posyandu di lapangan.

“Kalau seluruh Posyandu aktif dan juga masyarakat aktif mendatangi Posyandu, pasti masalah Stunting bisa ditekan walaupun belum sepenuhnya hilang,” Tandasnya,” (Vry).

IKLAN GIP RAMADAN PEMKAB KATINGAN
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.