Pemda Gumas Diminta Tekan Angka Pengangguran

11

KUALA KURUN,Halokalteng.com – Angka pengangguran dan kemiskinan di Kabupaten Gunung Mas (Gumas) masih tergolong tinggi. Olehnya, Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah(DPRD) Gumas meminta kepada pemerintah daerah (Pemda) setempat untuk menekan angka pengangguran dan kemiskinan.

Ketua DPRD Gumas Akerman Sahidar menuturkan, pemerintah daerah harus mencari cara untuk menekan angka pengangguran dan jumlah penduduk yang mengalami kemiskinan di bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau.

Aker berangapan, satu-satunya upaya menekan jumlah penduduk miskin di daerah ini, pemerintah kabupaten setempat, harus mengadakan program pemberdayaan tenaga kerja lokal dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Satu-satunya upaya Pemda, untuk menekan jumlah penduduk miskin dan pengangguran harus ada program pemberdayaan tenaga kerja lokal,” ucap Ketua DPRD Gumas Akerman Sahidar, Minggu (07/07/2024).

Selama ini, ujar Akerman, Pemda Gumas harus mengeluarkan kebijakan atau peraturan daerah untuk mewajibkan perusahan yang beroperasi di Gumas harus memprioritaskan masyarakat lokal atau sekitar perusahan, untuk bekerja di perusahan.

Politisi berasal dari wilayah II meliputi Kecamatan Rungan Hulu, Rungan Barat, Rungan, Manuhing dan Manuhing Raya ini menjelaskan lagi, program pemerintah daerah itu harus memastikan apa saja yang bisa dijalankan, dan atau bagaimana efektifitasnya untuk mengentaskan pengangguran dan kemiskinan.

“Problem ini yang harus diantisipasi oleh Pemda, untuk mengurangi angka pengguran di daerah kita. Pemerintah daerah juga harus menyediakan balai kerja guna untuk meciptakan lapangan kerja, supaya mereka mendapatkan kesempatan kerja di perusahan,” tutur dia.

Dia mengatakan angka kemiskinan dapat menjadi sebuah gambaran tentang keberhasilan pembangunan di wilayah Gumas. Termasuk dampak pembangunan terhadap taraf hidup masyarakat. Oleh sebab itu, angka pengangguran dan kemiskinan harus menjadi perhatian serius semua pihak termasuk kalangan dewan.

“Kalau angka kemiskinan bisa Pemkab tekan, maka program atau rasio gini pembangunan dan kesejahteraan akan berhasil. Itu yang harus kita lakukan kerjakan supaya Gumas bebas dari kemiskinan,” demikian dia. (Red)

Iklan Empas S Umar
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.