Partisipasi Masyarakat Datang Ke TPS Mengalami Peningkatan Dari Pemilu Sebelumnya

16

KASONGAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Katingan untuk partisipasi masyarakat sudah menargetkan angka 90 persen yang hadir datang melakukan pencoblosan di TPS pada Pemilu serentak tahun 2024 di Kabupaten Katingan. Sehingga partisipasi tersebut mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya.

“terkait hasil perhitungan perolehan suara, saya menjamin dari mulai rekap di TPS sampai Kecamatan sangat kecil untuk berubah. Mungkin bisa dibuktikan oleh peserta Pemilu di tahun ini, hasil itu tidak ada perubahan yang sangat signifikan. Apalagi sampai hilang 50 sampai 100 suara, karena sudah kita buktikan di tingkat Kecamatan dan tidak ada yang hilang banyak seperti itu,”jelas Wahyuni.

Pernyataan tersebut pada saat rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara Pemilu di tingkat Kabupaten Katingan tahun 2024, di ruang rapat Paripurna DPRD setempat, Selasa 27 Februari 2024.

Wahyuni mengatakan dari tingkatan atas sampai bawah yakni mulai tingkatan KPPS tentunya Bawaslu dan KPU bekerja dengan sangat solid ataupun tidak ada permasalahan di lapangan. Sehingga apabila ada perdebatan, itu merupakan hal yang wajar.

“Sama halnya nanti kita melaksanakan rapat pleno, ada perdebatan maupun ada pertentangan itu adalah hal wajar. Tetapi kita akan melaksanakan sesuai dengan ketentuan untuk mencari solusi yang terbaik sampai adanya keputusan dari KPU Kabupaten Katingan. Jadi seandainya nanti adanya yang keberatan dipersilahkan, nanti kita akan memenuhi mekanisme sesuai aturan yang ada,”ucapnya.

Dia berharap rapat pleno rekapitulasi dan penetapat hasil perhitungan perolehan suara tingkat Kabupaten Katingan ini bisa berjalan aman, lancar dan kondusif. Tentunya ini semua didukung penuh oleh banyak pihak yang mensuport KPU terutama dari pihak keamanan Polri dan TNI.

“Kita berharap rapat ini bisa berjalan dengan cepat dan tidak sampai waktunya selama tiga hari. Jika hal tersebut terjadi maka akan sangat menguras tenaga dan fikiran,” jelasnya. (AN)

Iklan Ramadan Halokalteng
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.