LP-TIK Gunung Mas Gelar Raker III Tingkat Daerah

62

 

KUALA KURUN – Lembaga pengembangan tandak intan kaharingan (LP-TIK) Kabupaten Gunung Mas bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat menggelar rapat kerja (Raker), di Hotel Zefanya, pada Kamis 28 – 30 Desember 2023 . 

Raker tersebut tentunya bertujuan untuk mewujudkan penghayatan dan pengamalan ajarannya pada umat kaharingan di bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau ini.

Sekda Kabupaten Gunung Mas Richard FL ketika dalam sambutannya mengatakan, LPTIK ini sebenarnya lembaga non perangkat daerah di bidang keagamaan yang mengkoordinasikan terkait pengembangan tandak intan kaharingan di wilayah ini kedepannya.

“Raker yang dilaksanakan ini sebagai upaya untuk pengembangan tandak intan kaharingan di wilayah kita, karena LP-TIK memiliki tugas dalam menyelenggarakan festival tandak intan kaharingan di tingkat kabupaten,” kata Richard FL, Jumat 29 Desember 2023 lalu.

Dia mengatakan, dengan adanya kegiatan tersebut upaya untuk pembinaan umat kaharingan, serta meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan ajarannya agar umat kaharingan di Kabupaten Gunung Mas semakin dihayati.

“Seperti yang telah diajarkan ranying Hatalla Langit dalam kehidupan sehari-hari baik dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Maka saya sangat yakin adanya raker ini untuk penguatan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua LP-TIK Kabupaten Gunung Mas Polie L Mihing menjelaskan, peserta raker dari ketua majelis kelompok agama Hindu kaharingan, dan ketua LPT-IK dari kecamatan yang telah meluangkan waktu untuk berpartisipasi mengikuti raker III LP-TIK tingkat daerah. sehingga kegiatan ini bertujuan untuk merembukan sesuatu yang dapat berguna bagi kemajuan umat hindu kaharingan.

“Program yang akan kita bahas dalam raker III antara lain membuat dan menetapkan program kerja, membahas kebijakan umum organisasi, persiapan pelatihan Dewan Juri dan persiapan pelaksanaan festival Tandak intan Kaharingan Tahun 2024,” jelas Anggota DPRD Gumas ini, saat dikonfirmasi Kamis 4 Januari 2024. (CP)

Iklan Ramadan Halokalteng
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.