Legislator Sambut Baik Pelatihan Budidaya Ayam Buras

41

 

KUALA KURUN –Anggota DPRD Gunung Mas (Gumas) Untung Jaya Bangas menyambut baik Pelatihan Budidaya Ayam Buras atau Ayam Kampung yang digagas Organisasi massa (Ormas) Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Gumas beberapa waktu di aula rapat Kantor Dinas Pertanian setempat.

“Kegiatan itu sangat baik dalam memberikan pengetahuan kepada masyarakat dalam pembudidayaan secara intensif ayam buras atau ayam kampung yang dapat meningkatkan pendapatan serta pemenuhan gizi masyarakat melalui konsumsi daging dan telur ayam kampung,” kata Untung, Rabu 15 November 2023.

Untung menyatakan, permintaan ayam kampung di Gumas yang cukup besar memberikan peluang bisnis yang menggiurkan dan menambah cuan (penghasilan).

“Masyarakat Gunung Mas yang selama ini bergelut di usaha pertambangan, diharapkan bisa mencari mata pencaharian baru demi peningkatan kesejahteraan, salah satunya dengan membudidayaan secara intensif ayam kampung,” ujar Untung.

Wakil rakyat dapil III itu mengingatkan masyarakat untuk meninggalkan pola pikir pragmatis dan beralih ke pola pikir realistis.

Menurutnya, masyarakat tidak bisa lagi hanya mengandalkan pendapatan dari usaha pertambangan emas, tapi bagaimana dengan kreativitas yang ada mengelola potensi pertanian dalam arti luas untuk kesejahteraan hidup.

“Pengetahuan dan keterampilan di sektor pertanian dalam arti luas patut terus diberikan ke masyarakat dalam upaya menciptakan mata pencaharian baru. Dengan begitu perekonomian masyarakart bisa meningkat,” tutur Untung.

Beberapa waktu, ormas PP Gumas menggelar Pelatihan Budidaya Ayam Buras atau Ayam Kampung. Kegiatan bertujuan memberi motivasi dan solusi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sektor peternakan, salah satunya peternakan ayam buras.

“Kami mengambil inisiatif memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi peserta pelatihan, dengan harapan peserta nantinya dapat mengembangkan budidaya ayam buras dengan sungguh-sungguh dalam mendukung ketahanan pangan dan peningkatan kesejahteraan,” kata Ketua Majelis Pimpinan Cabang (MPC) PP Gumas Ruslan H.Aspar.

Ketua panitia yang juga Sekretaris MPC PP Gumas Redianto mengaku pihaknya menggelar pelatihan karena pihaknya menilai budidaya ayam buras lebih gampang dari ternak lainnya, dan menjadi sebuah budidaya peternakan yang merakyat.

“Ini juga bentuk komitmen kami dalam mendukung program Smart Agro dalam mewujudkan ketahanan pangan di wilayah ini,” kata Redi. (Nop)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.