Rumah Baca Dapat Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Dan Guru

44

 

KUALA KURUN – Anggota DPRD Gunung Mas (Gumas), Rayaniatie Djangkan, menyambut baik peresmian pendopo rumah baca SMP Negeri 6 Kurun Jalan Jambu Nomor 19 RT 6 RW 2 Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, Rabu (24/5/2023).

“Terima kasih kepada Bank Kalteng Cabang Kuala Kurun atas kepeduliannya kepada masyarakat, seperti bantuan CSR untuk pembangunan pendopo rumah baca untuk SMPN 6 Kurun,” kata Raya, Rabu (24/5/2023) melalui aplikasi pesan.

Raya menyebut pendopo rumah baca dapat meningkatkan minat baca peserta didik dan guru serta upaya mendukung program smart human resouces (peningkatan sumber daya manusia).

Legislator tiga periode itu berharap apa yang dilakukan Bank Kalteng Cabang Kuala Kurun dapat diikuti perusahaan yang ada di Gumas melalui penyaluran program CSR pada bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur jalan dan jembatan, perikanan, pertanian, peternakan, perkebunan dan usaha masyarakat lainnya yang meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Peresmian pendopo rumah baca SMP Negeri 6 Kurun ditandai dengan pengguntingan pita oleh Pimpinan Cabang (Pincab) Bank Kalteng Kuala Kurun Jeksenly dan Plt Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Kadisdikpora) Aprianto, didampingi Pemimpin Seksi (Pinsi) Administrasi dan Keuangan Bank Kalteng Cabang Kuala Kurun Nanie, Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 6 Kurun Brata, Pengawas/Pembina SD/SMP Minu, sejumlah guru SMPN 6 Kurun dan undangan lainnya.

Pada sambutannya, Jeksenly mengatakan CSR yang diberikan untuk pembangunan pendopo rumah baca SMP Negeri 6 Kurun sebagai bentuk kepedulian Bank Kalteng Cabang Kuala Kurun kepada masyarakat khususnya sektor pendidikan.

“Pendopo ini sebagai wadah peserta didik untuk membaca. Adanya pendopo ini kita harapkan kegemaran membaca dari peserta didik SMPN 6 Kurun bisa meningkat,” kata Jeks (panggilan karib Jeksenly).

Jeks menekankan pentingnya peningkatan budaya literasi [membaca] di kalangan peserta didik di Gumas, karena dengan gemar membaca pengetahuan menjadi luas, cakrawala berpikirpun menjadi semakin baik menuju hidup yang berkualitas.

“Bank Kalteng berkomitmen menyalurkan CSR untuk kepentingan masyarakat di sektor pendidikan, keagamaan, olahraga, dan seni budaya. Kedepan sektornya bisa beragam dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tutur Jeks.

Bupati Gumas Jaya S Monong melalui Plt Kadisdikpora Aprianto menyampaikan terima kasih kepada Bank Kalteng Cabang Kuala Kurun atas dukungan untuk kemajuan pendidikan di Gumas melalui dana CSR, seperti dukungan untuk pembangunan pendopo rumah baca SMP Negeri 6 Kurun

“Budaya literasi sebuah keniscayaan dalam menciptakan sumber daya manusia yang unggul. Budaya literasi dikalangan peserta didik di Kabupaten Gunung Mas kita harapkan terus meningkat. Literasi memiliki nilai yang jauh lebih utama,” kata Apri.

Pejabat yang dekat dengan pewarta itu menjelaskan, membaca akan melibatkan otak ketiga yakni otak neokorteks untuk bernalar dan berlogika. Membaca akan melatih daya ingat dan konsentrasi dalam jangka waktu yang lama.

Membaca buku secara rutin, otak distimulasi untuk terbiasa mengolah pikiran dan memori, serta fokus terhadap suatu hal selama beberapa waktu. Membaca dapat mencegah penurunan daya ingat.

Sementara, Kepsek SMPN 6 Kurun Brata menyampaikan terima kasih atas dukungan CSR Bank Kalteng serta dukungan disdikpora setempat atas terbangunnya pendopo rumah baca SMPN 6 Kurun.

“Kendati memiliki gedung perpustakaan, kehadiran pendopo rumah baca bisa meningkatkan budaya literasi peserta didik dan guru SMPN 6 Kurun,” ujar Brata.(AN/Nop)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.