Kejari Gumas Diminta Adil dan Profesional

89

 

KUALA KURUNAnggota DPRD Gunung Mas (Gumas) Untung Jaya Bangas menyambut baik Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Gunung Gumas Sahroni membeberkan capaian kinerja Kejari Gumas tahun 2022.

Pun begitu, wakil rakyat daerah pemilihan tiga itu berharap Kejari Gumas kedepan dapat lebih profesional dan adil dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya.

“Kejaksaan dalam fungsinya menegakan hukum secara preventif dan represif secara berkeadilan, pelayanan dan penegakan hukum di bidang perdata dan tata usaha negara serta tindakan hukum lainnya untuk menjamin kepastian hukum,” kata Untung, Jumat (6/1/2023).

Lanjut dia, Kejari Gumas harus hadir ditengah-tengah masyarakat, memberikan edukasi hukum ke masyarakat terkait apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan masyarakat yang sesuai dan tidak sesuai dengan peraturan hukum yang berlaku.

“Dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya, Kejaksaan Negeri Gunung Mas diharapkan mampu mewujudkan kepastian hukum, ketertiban hukum, keadilan dan kebenaran berdasarkan hukum,” tukas Untung.

“Tegakan aturan hukum yang berlaku tanpa pandang jabatan dan status sosial. Jangan sampai penegakn hukum yang dilakukan tumpul ke atas dan tajam ke bawah,” tambah anggota komisi dua tersebut.

Menurutnya, kejaksaan juga dapat mewakili pemerintah dalam Perkara Perdata dan Tata Usaha Negara sebagai Jaksa Pengacara Negara.Kejaksaan juga melakukan pengawasan jalannya penyelenggaraan tugas pemerintahan dan pembangunan di bidang hukum. (Vri) 

Iklan Empas S Umar
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.