Kecamatan Tasik Payawan Rawan Terjadi Karhutla

90

KASONGAN – Kecamatan Katingan Tasik Payawan, merupakan salah daerah di Kabupaten Katingan yang rawan terhadap Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan, Markus, mengatakan terdapat 157 titik hospot yang terpantau di tiga kecamatan termasuk Tasik Payawan. Dimana kebakaran menghabiskan ratusan hektar, namun pihaknya beserta pihak-pihak terkait selalu terus bekerja keras melakukan upaya pemadaman.

“Untuk di Katingan, wilayah Tasik Payawan paling rawan. Kemungkinan karena lahan gambutnya cukup luas dan dalam. Namun dari sejumlah titik api, kami telah melakukan pemadaman,” Ungkap Markus, Senin (19/06/2023).

Diakui Markus, untuk mencegah terjadinya Karhutla. Maka diharapkan adanya kerjasama dengan masyarakat, sehingga ketika terjadi kebakaran, secepatnya bisa diatasi.

“Harapan kami, masyarakat juga perlu bersama-sama untuk mencegah sedini mungkin potensi terjadinya kebakaran hutan maupun lahan, karena petugas Karhutlah tentu sangat terbatas,” tandasnya. (Vry)

Iklan Ramadan Halokalteng
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.