Kearifan Lokal di Gunung Mas Perlu Digali

7

KUALA KURUN,HaloKalteng.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas mengharapkan dengan masyarakat di wilayah ini, agar terus mengali kearifan lokal supaya terus dikembangkan untuk dikenal oleh masyarakat luas kedepannya.

“Perlu digali lagi sebenarnya kearifan lokal kita di daerah, supaya dikenal oleh masyarakat luar. Sehingga, kedepannya bisa dijadikan cagar budaya,” ucap Anggota DPRD Gunung Mas Nomi Aprilia, kepada HaloKalteng.com, Rabu (15/5/2024).

Sebagai contoh, kata Nomi, seperti harubuh dengan manugal, mangarungut, ritual tiwah dan lainnya. Sehingga, hal tersebutlah yang perlu dikelola dan dikembangkan lagi ditengah masyarakat di bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau ini.

“Budaya kita Dayak ini sebenarnya cukup banyak, tidak hanya tiwah dan ngarungut saja yang kearifan lokal tapi banyak, maka itulah yang perlu dipelihara lagi dan di lestarikan,” terang politisi PDIP ini.

Oleh sebab itu, sambung Nomi, peran masyarakat sangat diperlukan dalam menjaga kearifan lokal dan seni budaya di Kalteng, secara khusus Kabupaten Gumas ini agar semua itu tidak hilang begitu saja.

Menurut ibu dua anak ini menambahkan, walapun zaman seperti sekarang ini terus berkembang, namun apa yang menjadi ciri khas serta adat istiadat daerah jangan sampai kalah dengan budaya luar.

“Kita harus sadar, bahwa penting bagi kita semua untuk terus menjaga kelestarian kearifan lokal dan seni budaya kita meski di tengah perkembangan zaman, supaya apa yang ditinggalkan nenek moyang kita bisa tetap bertahan,” imbuh dia. (Red)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.