Hewan Kurban Cukup. Alhamdulilah; Penjelasan Kabidnya

43

KUALA KURUN,Halokateng.com – “Alhamdulilah” Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Gunung Mas melalui Dinas Pertanian (Dispertan) di bidang Peternakan, sudah memastikan untuk ketersediaan hewan kurban, saat menjelang hari raya idul adha atau hari raya kurban, seperti hewan ternak sapi hingga kambing dinilai cukup.

“Ketersedian hewan kurban seperti sapi di daerah kita Kurun dan sekitarnya, cukup tersedia mencapai sekitar 50 ekor sapi baik itu dari Pemda, maupun dari masjid, dan sekarang ada di tempat penjualan hewan kurban baik yang ada di tempat kita maupun dari luar,” ucap Kabid Peternakan Hewan Dispetan Gunung Mas Yuliana Elisabet, mewakili Kadisnya Aryantoni, Rabu (05/06/2024).

Sedangkan, katanya, untuk kesehatan hewan ini sendiri sebelum kurban itu sembelih, maka pihaknya sudah melakukan kunjungan ke lapak-lapak penjual, karena secara fisik tidak menunjukkan adanya penyakit dan sehat, sehingga dinyatakan layak dan bisa dijadikan hewan kurban.

“Biasanya untuk ternak sapi, kalau untuk yang sekarang ini dinilai sehat, walaupun di beberapa tahun lalu pernah mewabah dan sekarang dipastikan berkurang dan hampir tidak ada, karena kita rutin melakukan vaksinasi untuk hewan sapi maupun kambing,” ujarnya.

Menurut dia, pihaknya secara rutin melakukan vaksinasi dan vaksinnya pun sudah tersedia wilayah Gunung Mas. Sehingga, dijelaskannya, untuk hewan kurban yang dijual ini harus mendapatkan vaksin paling minim selama dua kali pemberian vaksin PMK.

“Walaupun ternak yang dari luar, kita juga tetap memeriksa dan memastikan kesehatan hewan yang dijadikan hewan kurban, dan kalau ingin melihat hewan itu sudah divaksinasi , dan kita juga memberikan irtek sebagai penanda serta itu bisa di scan melalui ponsel,” pungkas dia. (Red)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.