Frisnabudi Dipercaya Menjadi Ketua KW Dusmala Katingan Masa Bakti 2023-2028

71

KASONGAN – Kerukunan Warga Dusun, Maanyan dan Lawangan (KW Dusmala) Kabupaten Katingan menggelar musyawarah di Rumah Makan Marau, Jalan Soekarno-Hatta, Kasongan, Kamis (13/07/2023) malam. Selain untuk semakin mempererat tali silaturahmi, salah satu agendanya adalah pembentukan Kepengurusan KW Dusmala Katingan Masa Bakti 2023-2028.

Musyawarah dihadiri para tueh warga atau penasehat serta sejumlah warga Dusmala yang berdomisili di Kota Kasongan dan Desa Hampalit.  Dalam prosesi pemilihan, ada tiga nama yang muncul sebagai bakal calon Ketua Umum. Yakni Radius, S.Pi yang merupakan Ketua KW Dusmala Katingan Masa Bakti 2018-2023.

Kemudian, Arya Utama H. Leiden, SE selaku Sekretaris KW Dusmala Katingan Masa Bakti 2018-2023 dan Frisnabudi. Namun kemudian, Radius dan Arya menyatakan diri belum bersedia dicalonkan karena berbagai pertimbangan. Sesuai tata cara pemilihan, karena hanya ada satu orang yang bersedia mencalonkan diri sehingga disepakati secara aklamasi Frinsabudi sebagai Ketua Umum. Untuk menyusun kepengurusan, lalu ditunjuk tujuh orang tim formatur.

Sebelumnya, Frisnabudi menyampaikan  jika dirinya merasa terpanggil untuk mengkoordinir KW Dusmala di Kabupaten Katingan, supaya dapat berdiri sejajar dengan rekan-rekan dari kerukunan warga lainnya. Terutama, untuk bersama-sama ambil bagian dalam pembangunan di Kabupaten Katingan ini. “Jika disepakati, saya mohon bantuan, dukungan, masukan dari seluruh pihak, tueh dan warga Dusmala. Karena tidak mungkin nantinya saya bisa bekerja sendiri,” imbuhnya.

Menurut Frisnabudi, sudah sejak lama dia berkomitmen agar KW Dusmala Katingan kedepannya memiliki landasan hukum yang kuat. Itu dinilai sangat krusial,  karena itu akan menjadi dasar hukum dalam menjalankan organisasi. “Jadi saya ingin kita punya dasar hukum yang kuat, dengan mengurus legalitasnya supaya bisa difaftarakan ke Kebangpol hingga Kementerian Hukum dan HAM,” ujarnya.

Kedepannya, dia juga ingin KD Dusmala Katingan memmpunyai kantor sekretariat sendiri. Supaya nantinya, ada tempat untuk berkumpul dan bermusyawarah. Apakan nanti dengan sistem sewa atau lainnya, nanti akan dirapatkan dengan seluruh pengurus. “Jangka panjang, saya ingin kita memiliki tanah sendiri untuk membangun kantor sekretariat. Termasuk pula, bagaimana nantinya kita bisa memiliki Mobil Ambulan sendiri,” tuturnya.

Selain itu, dia menekankan pentingnya KD Dusmala Katingan bisa berbasis bisnis atau usaha. Menurut pemikiranya, perlu ada suatu wadah yang mungkin dalam bentuk koperasi. Supaya nantinya, lewat koperasi  bisa membantu warga-warga Dusmala dari segi perekonomian. “Kita bisa menampung hasil kreatifitas dari warga Dusmala, untuk dipasarkan melalui koperasi,” kata Frisnabudi yang kini menjabat Kabag Umum Sekretariat DPRD Kabupaten Katingan ini.

Sebelumnya, Ketua KW Dusmala Katingan Masa Bakti 2018-2023, Radius menyampaikan bahwa selama kepengurusan mereka telah dilaksanakan perayaan natal yakni pada tahun 2018, 2019 dan 2022. Kebetulan pada Tahun 20220 dan 2021 terjadi pandemic Covid-19, sehingga tidak dilaksanakan. “Selama kepengurusan kami, lebih banyak ke kegiatan sosial untuk warga Dusmala. Mulai dari urusan kematian, kecelakaan, sakit dan lainnya,” jelasnya.

Dia mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerjasama seluruh Warga Dusmala Katingan selama Kepengurusan dari Tahun 2018 – 2023. Mungkin ada banyak hal yang tidak berkenan selama ini, dia menyampaikan permohonan maaf. “Selamat kepada Pak Frisnabudi sebagai Ketua KW Dusmala Katingan periode selanjutnya. Semoga dimampukan menjalankan tugas dan amanah yang diberikan,” ujarnya. (st)

IKLAN GIP RAMADAN PEMKAB KATINGAN
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.