DPRD Sambut Baik Kunker Distransnakerkop UKM ke BLK Samarinda

76

KUALA KURUN – Kunjungan kerja (kunker) Dinas Transmigrasi, Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Distransnakerkop UKM) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) ke Balai Latihan Kerja (BLK) Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur mendapat reaksi dari anggota DPRD Gumas Untung Jaya Bangas.

“Kita menyambut baik kunjungan kerja itu, dan  berharap tidak sekedar kunjungan kerja. Tapi dapat melahirkan program yang bermanfaat untuk kebaikan generasi muda khususnya tenaga kerja lokal di wilayah ini,” kata Untung, Selasa (07/03/2023).

Legislator daerah pemilihan tiga asal partai Demokrat itu mendukung apabila nantinya Distransnakerkop UKM mengirim tenaga kerja lokal untuk menempa keterampilan di BLK Samarinda, mengingat keterampilan tenaga kerja lokal selama ini yang minim.

“Harapan kita semua, tenaga kerja lokal kita bisa memiliki keterampilan yang baik dalam menjawab kebutuhan dunia kerjaa saat ini yang mensyaratkan tenaga kerja harus memiliki keterampilan. Memang itu sebuah keniscayaan dalam era sekarang ini,” kata Untung.

Untung menyarankan Distransnakerkop UKM, sebelum mengirim tenaga kerja lokal ke BLK Samarinda, supaya menanyakan ke perusahaan besar swasta di Gumas, apa saja jenis keterampilan yang dibutuhkan. Setelah tahu keterampilan yang dibutuhkan perusahaan besar swasta, maka jenis keterampilan itulah yang dilatih di BLK Samarinda.

Misalnya pelatihan keterampilan operator bulldozer, operator dump truck, operator crane, operator excavator, operator wheel Loader dan operator alat berat lainnya yang dibutuhkan perusaaan besar swasta.

“Dengan keterampilan yang mumpuni, tenaga kerja lokal tidak lagi dipekerjakan hanya sebagai tenaga kerja kasar bahkan satpam, tapi meningkat derajat pekerjaanya, seperti menjadi eparator alat berat yang ada di perusahaan besar swasta,”ujar Untung.

Diwartakan sebelumnya, Distransnakerkop UKM Gumas baru-baru ini melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke BLK Samarinda Kalimantan Timur.

Kunker menghasilkan kesepakatan, BLK Samarinda bersedia menjalin kerja sama dengan Pemkab Gumas dalam hal penerimaan peserta pelatihan kerja yang dilatih menjadi pemuda siap kerja, profesional, disiplin, mandiri dan berdaya saing.

BLK Samarinda siap menggelontorkan dana pelatihan dalam mencetak peserta pelatihan yang berketerampilan sehingga mampu bersaing di pasar kerja yang kompetitif. Anggaran pelatihan juga didukung Pemkab Gumas.

“Pelatihan kerja peningkatan keterampilan tenaga kerja lokal dilakukan karena masih adanya kesenjangan dan keterbatasan rekrutmen tenaga kerja lokal yang terserap di beberapa perusahaan besar swasta (PBS) di wilayah ini,” Kata Kepala Distransnakerkop UKM melalui Sekretaris Distransnakerkop UKM Adenuan Alfred Segah didampingi Kepala Bidang (Kabid) Pelatihan Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja Redianto.

Pendataan yang dilakukan Distransnakerkop UKM menunjukan jumlah tenaga lokal yang terserap di perusahaan besar swasta rata-rata kurang lebih 10 persen dari jumlah karyawan yang ada.

“Ini disebabkan minimnya keterampilan tenaga kerja lokal. Kebanyak tenaga kerja lokal kita hanya dipekerjakan sebagai pekerja kasar dan satpam (satuan pengamanan). Ini menjadi keprihatian, sehingga diperlukan kebijakan bagaimana meningkatkan keterampilan tenaga kerja lokal kita,” tuturnya. (vri)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.