DPRD Gunung Mas Minta Jalan Ir Soekarno Segera Diperbaiki

10

KUALA KURUN, Halokalteng.com – Untuk ruas jalan Ir Soekarno yang posisinya terpusat di kota Kuala Kurun, Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, dan panjangnya diperkiraka 3,5 kilo meter. Yang mana, lamanya dibangunan jalan tersebut sejak tahun 2015 lalu, dan sampai sekarang belum diperbaiki serta terkesan diabaikan.

Beberapa bulan lalu, telah direncanakan Pemerintah Daerah (Pemda) Gunung Mas akan melakukan perbaikan di tahun 2024 ini dengan anggaran miliyaran rupiah. Namun sampai sekarang tidak ada tanda-tanda jalan Ir Soekarno tersebut dibangun.

Karena itulah, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gunung Mas Nomi Aprilia mengharapkan jalan Ir Soekarno tersebut, agar segera diperhatikan untuk diperbaiki. Sehingga kedepan, untuk pengunaan jalur tersebut dapat digunakan oleh masyarakat yang dari Sepang ke Kurun begitu juga sebaliknya.

“Jalan Ir Soekarno ini sebenarnya untuk menghubungkan beberapa desa, seperti Lampahung, Miwan, Sepang Kota ke Kurun maka maka dari itu kami harapkan kalau bisa jalan ini dapat segera direalisasi,” ujar Nomi Aprilia, melalui pesan whatsapp, Minggu (9/06/2024).

Menurut Ketua Komisi II DPRD Gunung Mas ini, bahwa jalan tersebut selain untuk menghubung kecamatan Sepang, menghubung juga ke Kecamatan Manuhing, yakni sampai ke Takaras. Sehingga, peruntukannya ke masyarakat banyak sekali.

“Untuk anggarannya sudah ada, tapi sampai saat ini dan sudah bulan 6 ini belum ada tanda-tanda perbaikan, dan apabila diaktifkan kembali. Maka, ruas jalan ke Miwan Sepang, ke Takaras maka bisa lebih dekat lagi menuju Kota Palangka Raya, artinya ini juga sebagai jalan alternatif,” beber politisi PDIP ini.

Terpisah, Kepala DPU Gumas Baryen mengatakan, jalan Ir Soekarno itu sebenarnya langsung mengakses jalan, menuju Desa Tumbang Miwan-Sepang Kota. Selain itu juga, jelasnya, untuk menganti jalan Damang Sawang yang lebarnya kecil. Terakhir penanganan tahun 2015 dan tidak ada pengerjaan lain termasuk boxculvert.

Sedangkan kata dia, ruas Jalan ini Ir. Soekarno dengan panjang 3.500 meter, lebar ruang milik jalan rata-rata 20-22 meter, rencana jalan ini dua jalur, dengan median di tengah 2 meter, lebar jalur kiri dan kanan 6 meter bahu jalan lebar 2, 8 meter dan lebar parit 1 meter.

“Memang tahun 2024 ini direncanakan dilakukan perbaikan Jalan Ir Soekarno ini, dengan mengelontorkan anggaran mencapai miliyaran rupiah,” pungkasnya. (Red)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.