DPRD Gumas Sambut Baik Kegiatan MTQ Dan FSQ

41

 

KUALA KURUN –  Ketua DPRD Gunung Mas (Gumas) Akerman Sahidar menghadiri pelepasan Pawai Ta’aruf Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-XVI tingkat Kabupaten Gumas di Taman Kota Kuala Kurun, Senin (7/8/2023). 

Sedangkan Wakil Ketua (Waket) I DPRD Gumas Binartha menghadiri pembukaan MTQ ke-XVI dan Festifal Seni Qasidah (FSQ) ke-X tingkat Kabupaten Gumas di Taman Kota Kuala Kurun, Senin (7/8/2023) malam.

Aker menyambut baik kegiatan yang merupakan sarana yang tepat dalam meningkatkan syiar Islam dan mencetak generasi yang qur’ani, generasi yang memahami dan mematuhi nilai-nilai Islam dalam Al-quran di kehidupan sehari-hari.

Sementara Obin (panggilan karib Binartha) menilai kegiatan MTQ dan FSQ sangat baik, dapat menghasilkan kafilah yang unggul dari wilayah ini, untuk selanjutnya mengikuti kegiatan MTQ tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Pangkalanbun Kabupaten Kota Waringin Barat November mendatang.

Aker dan Obin berharap, MTQ FSQ tidak sekedar kegiatan seremonial, tapi hendaknya dapat mewarnai kegiatan pembangunan di Gumas dengan perilaku sehari-hari masyarakat yang sesuai dengan nilai-nilai Al-quran.

Pawai ta’aruf MTQ ke-XVI tingkat Kabupaten Gumas di lepas Wakil Bupati (Wabup) Gumas Efrensia LP Umbing di Taman Kota Kuala Kurun, Senin (7/8/2023).

Efrens menyampaikan, puji Syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan Rahmat dan Karunia-Nya, pawai ta’aruf yang merupakan rangkaian kegiatan MTQ dapat terlaksana dengan baik.

“Kegiatan pawai ta’aruf ini sebagai bentuk suka cita atas terselenggaranya MTQ ke enam belas tingkat Kabupaten Gunung Mas,” kata Efrens.

“Mari kita jadikan  kegiatan ini sebagai sarana untuk mempererat ukhuwah antara Pemerintah Kabupaten Gunung Mas dengan Masyarakat dan sesama masyarakatr,” ujarnya menambahkan.

FOTO : Waket I DPRD Gumas Binartha menghadiri pembukaan MTQ dan FSQ tingkat Kabupaten Gumas di Taman Kota Kuala Kurun. 

Membuka MTQ dan FSQ Bupati Jaya S Monong menyatakan, MTQ dan FSQ merupakan momentum penting dan memiliki peran startegis dalam fungsinya menjabarkan, mengembangkan serta mengimplementasikan pokok-pokok ajaran keagamaan yang fundamental dan hakiki yakni Al-qur’an.

“Apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran ke-XVI dan Festifal Seni Qasidah ke-X, ditengah situasi kehidupan kebangsaan dan keagamaan dalam masyarakat kita yang sedang mengalami gelombang perubahan,” tutur Jaya.

“Juga dalam menghadapi tantangan di berbagai bidang di tengah upaya kita memperkokoh pemahaman terhadap pluralisme dan multikulturalisme sebagai sebuah kenyataan dalam kehidupan kontemporer,” sambungnya.

Menurutnya, MTQ dan FSQ dengan berbagai kegiatannya, diharapkan lebih proaktif melakukan upaya menjaga kemurnian, kesucian dan kemuliaan kitab suci Al-qur’an.

“Jangan sekali-kali merasa bangga dan puas karena melihat pengembangan syiar Al-qur’an yang ditampilkan setiap kali penyelenggaraan MTQ dan FSQ, tapi kedepan harus lebih memperhatikan implementasi dan pengamalan ajaran Al-qur’an dalam kehidupan sehari-hari,” pinta Jaya.

Hadir, Wakil Bupati Gumas Efrensia LP Umbing, unsur forkompimda atau yang mewakili, sejumlah anggota DPRD, Pj Sekda Richard, kepala perangkat daerah dan pejabat eselon tiga, ketua MUI Gumas H Fahmi, dan undangan lainnya. (AN/Nop)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.