Dorong Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa Melalui Kelompok Tani

39

 

KUALA KURUN – Anggota DPRD Gumas H Rahmanyah, bakal berencana membentuk kelompok tani khususnya di desa binaan Desa Sandung Tambun Kecamatan Tewah Kabupaten Gumas.

Melalui kelompok tani ini sebagai upaya anggota dewan untuk mendorong peningkatan perekonomian masyarakat di pedesaan. Dewan akan mendukung melalui penyaluran dana aspirasi ke desa itu untuk membangun jalan produksi.

“Hal ini akan kita rencanakan pada tahun 2023 dengan menggunakan dana aspirasi untuk membangun jalan produksi di Desa Sandung Tambun,” jelas H Rahmansyah, Selasa 4 Juli 2023.

Dia mengatakan kesulitan petani di Gumas adalah kesulitan untuk mengangkut hasil produksi pertanian karena insfrastruktur jalan tidak memadai. Bahkan tidak ada akses jalanya sama sekali. Oleh sebab itulah, melalui dana aspirasi itu kita bangunkan jalan produksi pertanian. Tapi langkah awalnya membentuk kelompok tani dulu. Insya Allah ke depannya melalui kelompok tani dapat meningkatkan ekonomi mereka,” ungkapnya.

Kemudian, untuk tahap awal yang akan segera dilakukan adalah membentuk kelompok tani dulu. Setelah kelompok tani terbentuk, baru membas jenis tanaman yang akan dikembangkan dan luasan lahanya. Bisa berupa perkebunan khususnya untuk tanaman buah-buahan atau pertanian.

“Karena target tahap awal kita sudah menyusun master plan-nya mencapai 500 hektare. Apabila program ini berhasil akan menjadi pilot projek di Kecamatan Tewah. Otomatis lahan akan ada penambahan dan petani kita akan sejahtera nantinya,”pungkasnya. (AN)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.