Distransnakerkop UKM Gumas Kunker ke BLK Samarinda

54

KUALA KURUN – Dinas Transmigrasi, Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Distransnakerkop UKM) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) baru-baru ini melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke Balai Latihan Kerja (BLK) Samarinda Kalimantan Timur.

“Kegiatan dilaksanakan 1 hingga 2 Maret 2023, dalam upaya mencari terobosan meningkatkan kualitas sumber daya manusia tenaga kerja lokal, dan sebagai bentuk implementasi dari konsep pembangunan smart human resources (peningkatan sumber daya manusia), smart agro dan smart tourism,” kata Kepala Distransnakerkop UKM Gumas melalui Sekretaris Distransnakerkop UKM Adenuan  Alfred Segah, Senin (06/03/2023).

Segah menjelaskan, kunker menghasilkan kesepakatan, BLK Samarinda bersedia menjalin kerja sama dengan Pemkab Gumas dalam hal penerimaan peserta pelatihan kerja yang dilatih menjadi pemuda siap kerja, profesional, disiplin, mandiri dan berdaya saing.

BLK Samarinda siap menggelontorkan dana pelatihan dalam mencetak peserta pelatihan yang berketerampilan sehingga mampu bersaing di pasar kerja yang kompetitif. Anggaran pelatihan juga didukung Pemkab Gumas.

“Pelatihan kerja peningkatan keterampilan tenaga kerja lokal dilakukan karena masih adanya kesenjangan dan keterbatasan rekrutmen tenaga kerja lokal yang terserap di beberapa perusahaan besar swasta (PBS) di wilayah ini,” ujar Segah didampingi Kepala Bidang (Kabid) Pelatihan Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja Redianto.

Pendataan yang dilakukan Distransnakerkop UKM menunjukan jumlah tenaga lokal yang terserap di perusahaan besar swasta rata-rata kurang lebih 10 persen dari jumlah karyawan yang ada.

“Ini disebabkan minimnya keterampilan tenaga kerja lokal. Kebanyak tenaga kerja lokal kita hanya dipekerjakan sebagai pekerja kasar dan satpam (satuan pengamanan). Ini menjadi keprihatian, sehingga diperlukan kebijakan bagaimana meningkatkan keterampilan tenaga kerja lokal kita,” tuturnya.

Tindak lanjut dari kunker berupa kerja sama yang nantinya tertuang dalam perjanjian kerja sama (MoU) yang ditandatangani  pejabat BLK Samarinda dan Bupati Gumas Jaya S Monong.

Pada kunker itu Segah didampingi semua kabid serta sejumlah pejabat fungsional, dan disambut hangat Kepala Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Samarinda Tuty Haryanti didampingi Kasubag Umum BLK Samarinda Kukuh Eko Suhartanto. (vri)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.