Dinsos Katingan Latih Operator DTKS

44

KASONGAN– Dinas Sosial Kabupaten Katingan lakukan pelatihan bagi Operator Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Elmon Sianturi mengatakan, Operator DTKS, memiliki peran dan tugas penting dalam rangka membantu pemerintah daerah untuk mendapatkan data akurat masyarakat yang berhak mendapatkan bantuan sosial yang dikucurkan baik pemerintah pusat maupun daerah.

“Ada begitu banyak bantuan-bantuan sosial yang dikucurkan pemerintah, namun siapa yang berhak menerima, tentu perlu data akurat, makanya kita maksimalkan operator DTKS dengan memberikan pelatihan,” Ungkap Kadis Sosial. Elmon Sianturi, Rabu (16/03/2023).

Dijelaskan Elmon, operator melaksanakan tugas pendataan masyarakat desa, dimanah hasil pendataan tersebut, diperlukan untuk aplikasi DTKS, setelah itu diverifikasi melalui Dinas Sosial dilanjutkan ke Pusat Data dan Informasi Jaminan Sosial (Pusdatin) lewat Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial New Generation (SIKS-NG), sehingga bantuan sosial yang disiapkan pemerintah, dapat diterima masyarakat yang benar-benar layak, sesuai keputusan pemerintah pusat.

“Jadi, inilah tugas dan peran dari Operator DTKS, makanya kami ingin data penerima bantuan sosial, benar-benar akurat sehingga perlu pelatihan untuk operator,” Ujarnya.

Diakui Elmon, untuk melakukan update data penerima bantuan sosial, terdapat beberapa kendala diantaranya jaringan internet, penguasaan IT yang terbatas dan juga insentif operator.

“Ini merupakan kendala-kendala yang dihadapi operator DTKS, namun demikian, melalui pelatihan ini, bisa memberikan pengetahuan sehingga data yang ada, selalu ada update terbaru,” Tandasnya. (Vry).

IKLAN GIP RAMADAN PEMKAB KATINGAN
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.