Dewan Minta Perangkat Daerah Kreatif dan Inovatif Gali PAD

123

KUALA KURUN – Perangkat Daerah (PD) lingkup Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) diminta kreatif dan inovatif menggenjot pendapatan asli daerah (PAD) sebagai salah satu sumber pembiayaan pembangunan di Gumas. Hal itu disampaikan Anggota DPRD Kabupaten Gumas, Untung Jaya Bangas, Senin (20/03/2023).

“PAD sangat penting dalam mendongkrak kemajuan Gunung Mas. Semua perangkat daerah harus meningkatkan kinerja dalam mencapai perolehan PAD yang signifikan,” ujar Untung.

Wakil rakyat daerah pemilihan tiga itu lebih lanjut mengatakan, Gumas memiliki sumber daya alam (SDA) yang melimpah dan menjadi incaran para investor.

Alhasil banyak perusahaan besar swasta (PBS) bidang pertambangan, kehutanan dan perkebunan yang berinvestasi di Gumas.

“Keberadaan mereka [PBS] menjadi sumber penerimaan bagi PAD. Perangkat daerah harus bisa memanfaatkan keberadaan PBS untuk kemaslahatan masyarakat dan wilayah ini. PBS harus memberi impact bagi masyarakat dan Kabupaten Gunung Mas,” kata Untung.

Anggota komisi dua itu menegaskan Kabupaten Gumas tidak boleh pasif tapi harus pintar mendapatkan keuntungan dari setiap investasi yang masuk. Investor harus bertanggung jawab dengan kemajuan Gumas dan kesejahteraan masyarakat.

“PAD kita harus terus meningkat.Tidak boleh hanya berbatas angka tapi harus realistis dan dapat terealisasi sesuai yang ditargetkan bahkan sangat baik kalau bisa melampaui target,” serunya.

Legislator cukup vokal itu mendorong PD utamanya Badan Pendapatan Daerah untuk mencari tahu ke pemerintah pusat hak Gumas dari bagi hasil kekayaan SDA yang dikeruk untuk pemasukan pendapatan asli daerah. Selama ini SDA Gumas sudah dikeruk dan harus ada timbal balik bagi Gumas.

“Kita tidak boleh diam dan hanya menerima begitu saja dana transfer dari pemerintah pusat. Kita harus tahu berapa jumlah produksi setiap PBS yang ada di Gunung Mas,” tegas Untung. (vri)

Iklan Empas S Umar
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.