Dewan Harap Budaya Lokal Harus Tetap Dilestarikan

29

KUALA KURUN, Hallokalteng.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas menharapkan dan meminta dengan semua lapisan masyarakat di wilayah setempat, agar selalu melestarikan adat budaya Dayak. Sehingga, kedepan akan selalu berkembang dan dikenal oleh masyarakat luas.

“Ditengah kemajuan jaman yang serba cangih ini, maka suatu saat adat dan budaya kita Dayak ini akan tergerus. Oleh sebab itu, perlu dilakukan tindakan dengan cara kita yakni mempertahankan serta melestarikannya,” ucap Anggota DPRD Gunung Mas Polie L Mihing, dikomfirmasi, Minggu (4/2/2024).

Karena itu, Polie kembali mengajak, masyarakat setempat, agar bisa selalu menjaga tradisi adat istiadat yang turun temurun dilakukan oleh leluhur, dengan melakukan budaya gotong royong, seni bela diri dan lainnya. Sehingga, kedepan budaya dapat dikenal oleh masyarakat luas.

“Dengan menjaga adat kita, otomatis identitas kita diketahui oleh warga luar sehingga menjadi sumber bagi daerah, dengan mengembangkan serta melestarikan budya kita seperti daerah lain yang sudah dikenal,” terang dia.

Selain itu, sambung dia, budaya Dayak juga dikenal memiliki beragam kesenian, baik di tari maupun adat di dalam ritual adat, bela diri maupun acara keagamaan, misalnya acara Tiwah yang dilakukan sakral oleh masyarakat adat Dayak.

“Banyak sebenarnya adat istiadat kita, selain adat kepercayaan juga merupakan perlu dilestarikan termasuk acara tiwah, dari acara pembukaan dan penutupan kegiatan itu dilakukan secara ritual, sehingga wajib dikembangkan oleh masyarakat kita sekarang agar tidak tergerus,” demikian Polie. (krn/red)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.